Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Layanan kesehatan berkualitas di Rumah Sakit Umum Bình Dân di Distrik 3 Ho Chi Minh City, Vietnam sekarang ditawarkan kepada orang-orang di komunitas LGBT. Dokter Nguyen Hồ Vĩnh Phước dari rumah sakit mengatakan: “Mereka dapat menerima layanan di ruang pribadi dengan perlakuan hormat dari staf kesehatan rumah sakit.”

Nguyễn Tấn Thủ, seorang dokter yang berspesialisasi dalam melayani orang-orang LGBT, mengatakan layanan di rumah sakit umum sangat penting karena pasien sering mengeluh tentang sikap diskriminatif di fasilitas rumah sakit umum. Dokter Nguyễn Tấn Thủ mengatakan bahwa banyak dari mereka telah menghindari perawatan kesehatan atau mencari layanan ilegal. Beberapa dari mereka mencari perawatan medis atau bedah untuk bertransisi secara fisik ke jenis kelamin yang mereka identifikasikan.

Banyak pasien berisiko tinggi tertular HIV dan penyakit menular seksual dan membutuhkan layanan di bidang ini, serta perawatan kesehatan psikologis, kata Dokter Nguyễn Tấn Thủ. Jumlah individu trans yang secara klinis tertekan atau ingin bunuh diri  dan menyalahgunakan alkohol atau stimulan, sangat tinggi di Vietnam.

“Seperti semua orang, mereka ingin mengunjungi rumah sakit untuk menjalani tes kesehatan dan perawatan. Namun, karena diskriminasi yang meluas, masih ada kekurangpahaman di antara staf layanan kesehatan, ”kata Dokter Nguyễn Tấn Thủ.

Seorang perempuan transgender bernama Tố Mi yang berasal dari Ho Chi Minh City mengatakan banyak orang LGBT tidak tahu di mana mencari informasi tentang operasi transisi. “Saya ditanya di mana saya menjalani operasi, tetapi saya tidak berani memperkenalkan mereka” karena tempat itu mungkin tidak cocok, katanya.

Seorang lelaki transgender dari Ho Chi Minh City mengatakan bahwa dia  menjalani mastektomi bilateral di Thailand, yang harganya jauh lebih mahal daripada di Vietnam. Namun, operasi ilegal di tempat-tempat tertentu di Vietnam tidak dianggap aman.    

“Saya harus terbang ke Thailand setiap enam bulan setelah operasi saya. Itu mahal, ”katanya. Tố Mi mengatakan bahwa dia dan orang-orang transgender lainnya menginginkan akses yang lebih baik ke layanan kesehatan setelah transisi mereka.   

Dokter Nguyen Hồ VĩnhPhước mengatakan bahwa, untuk memenuhi permintaan individu LGBT yang tinggi, rumah sakit menyediakan konseling tentang kesehatan seksual dan reproduksi bagi mereka dan kerabat mereka.     
Rumah sakit juga menyediakan skrining, pencegahan dan pengobatan untuk HIV dan penyakit menular seksual, serta konseling umum.

Mereka juga memberikan konseling tentang terapi hormon sebelum, selama dan setelah transisi, dan menerima perawatan untuk komplikasi setelah operasi transgender, katanya. Rumah Sakit Bình Dân adalah salah satu dari beberapa fasilitas kesehatan di kota ini yang menyediakan layanan kesehatan untuk orang-orang LGBT.

Menurut LSM Center for Supporting Community Development Initiatives, Việt Nam diperkirakan memiliki hampir 300.000 hingga 500.000 orang transgender, meskipun tidak ada angka resmi.

Kementerian Kesehatan sedang melengkapi informasi kepada Majelis Nasional untuk rancangan undang-undang yang akan melindungi status hukum dan hak-hak orang transgender, termasuk mereka yang telah menjalani operasi penyesuaian kelamin dan mereka yang belum menjalani operasi . 

Undang-undang tersebut akan menciptakan kondisi yang lebih menguntungkan bagi pasien LGBT di fasilitas perawatan kesehatan di negara tersebut. (R.A.W)

Sumber:

VN