Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Jutaan LGBT di Cina menghadapi diskriminasi, intoleransi, tekanan keluarga untuk menikah dan memiliki bayi, dan tindakan keras pemerintah sporadis pada acara-acara publik yang bertujuan untuk mempromosikan persamaan hak.

Sekarang Anda dapat merasakan sendiri bagaimana rasanya menjadi gay di Cina dalam  permainan yang pertama dari jenisnya.

Di A Gay’s Life, pemain membintangi sebagai lelaki gay muda yang harus belajar bagaimana hidup dengan identitasnya dan keluar ke teman-teman dan coming out. Sejak dirilis pada bulan Mei, permainan web interaktif telah menarik hampir satu juta pemain di Chengguang, sebuah platform distribusi online untuk permainan interaktif. Saat ini peringkatnya sebagai game paling populer ketiga di situs Cina selama 30 hari terakhir.

A Gay’s Life baru-baru ini menarik perhatian orang-orang di luar komunitas berbahasa Cina, setelah Ken Wong, desainer utama video game hits seperti permainan puzzle Monument Valley dan kisah cinta interaktif Florence, mengakui permainan ini melalui twitnya, memacu perhatian media
.
Orang di belakang permainan adalah Huang Gaole, kandidat PhD berusia 27 tahun dalam ilmu komputer yang berbasis di Beijing. Sebagai seorang lelaki gay Huang Gaole mengatakan ia menciptakan permainan dengan bantuan beberapa penggemar game sebagai hobi, karena ia ingin memberikan bukti otentik kehidupan sehari-hari orang LGBT yang tinggal di Cina.

“Saya berharap melalui cerita interaktif yang mudah dibaca, mendalam, emosional, dan menarik, saya telah membuat tokoh-tokoh konkret untuk menunjukkan beberapa situasi canggung yang orang gay di sekitar saya masih hadapi di masyarakat saat ini,” katanya.

Di A Gay’s Life, pemain perlu mengetuk layar untuk menjaga narasi bergerak maju, dan membuat pilihan di sepanjang jalan untuk mendapatkan “titik penerimaan diri” dan mengarahkan cerita ke arah yang berbeda. Sejauh ini ada sembilan akhir dalam permainan, yang termasuk tokoh yang hidup bahagia dengan pasangan dokter gaynya, memasuki perkawinan palsu dengan perempuan hetero, atau menjalani “terapi konversi” dan menjadi seorang biarawan.

Alur ceritanya tidak murni fantasi dan mencerminkan kesulitan yang sangat nyata yang dihadapi banyak orang gay di Cina meskipun ada kemajuan dalam beberapa waktu terakhir.

Cina mendekriminalisasi homoseksualitas pada tahun 1997 dan menghapusnya dari daftar resmi gangguan mental empat tahun kemudian. Meskipun ada penerimaan yang meningkat di kota-kota, masih tidak biasa bagi keluarga untuk memaksa keluarga mereka untuk menjalani terapi konversi termasuk terapi kejut listrik dan suntikan. Banyak orang gay Cina memilih menikahi heteroseksual dan merahasiakan seksualitas mereka dari pasangan mereka.


Yang lain membuat pengaturan di mana seorang lelaki gay menikahi perempuan lesbian dan mereka terus menjalani hidup mereka sendiri, tanpa diketahui oleh orang tua kedua belah pihak.

Sementara aplikasi kencan gay berkembang di Cina, pihak berwenang melarang penggambaran hubungan sesama jenis di televisi dan online. Pertemuan LGBT secara rutin menjadi sasaran tindakan keras pemerintah, bersama dengan banyak acara lain yang mengadvokasi bentuk-bentuk hak asasi manusia.

Di A Gay’s Life, permainan dimulai dengan plot di mana polisi telah menyerbu sebuah bar yang menyelenggarakan festival LGBT tanpa registrasi. Huang Gaole mengatakan dia telah memperhalus jalan cerita dalam permainan untuk menghindari penyensoran.

Saat menulis skrip sebanyak 140.000 karakter untuk permainan ini , Huang Gaole mengambil inspirasi dari pengalamannya sendiri sebagai seorang lelaki gay dan tinggal di Cina, serta anekdot yang ia kumpulkan dari beberapa kelompok hak LGBT terkemuka di Tiongkok. Dia bahkan merujuk pada materi akademis tentang LGBT – termasuk dua buku dari sosiolog Li Yinhe – untuk membuat game itu instruktif.

Tim Huang Gaole sekarang bekerja untuk meningkatkan narasi permainan untuk membuatnya lebih banyak percakapan, sambil menjelajahi cara menambahkan alur cerita dan akhir baru. Mereka juga merencanakan versi bahasa Inggris, yang diharapkan akan diluncurkan pada akhir tahun depan.

“Kami memiliki satu kekhawatiran: kondisi nasional Cina, keyakinan dan budaya tradisional berbeda dari negara-negara asing. Kisah dalam pekerjaan kami mungkin hanya beresonansi di beberapa negara Asia Timur, ” katanya.

Di bagian komentar dari permainan, sebagian besar pengguna telah memposting ulasan positif. “Saya menikah dengan dokter pada akhirnya. Saya sangat senang dan cemburu. Saya berharap seseorang bisa seberani itu untuk memegang tangan saya dalam kehidupan nyata, ”tulis seseorang. (R.A.W)

Sumber:

SCMP