Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Dmitry Dedov – yang duduk di Mahkamah Eropa untuk Hak Asasi Manusia (European Court of Human Rights/ECHR) – membagikan pendapatnya dalam pernyataan tertulis, menambahkan bahwa itu akan membantu melindungi warga LGBT.

“Saya percaya bahwa kompromi dan keharmonisan sosial dapat ditemukan atas dasar saling menghormati hak asasi manusia dan, khususnya, untuk hak-hak minoritas yang tidak berusaha untuk mempromosikan cara hidup mereka sendiri, melainkan mencari pengakuan hak-hak sipil mereka , rasa hormat dan perlindungan negara  terhadap mereka, ”tulis Dmitry Dedov.

“Maksud saya, hak untuk menciptakan hubungan keluarga yang berbeda dari pemahaman umum tentang persatuan antara lelaki dan perempuan. Pengakuan hukum atas kemitraan semacam itu dapat menjadi titik awal untuk melindungi semua kebutuhan lain yang biasanya timbul di antara anggota keluarga. ”

Pendapat itu muncul seminggu setelah ECHR memutuskan bahwa banyak tindakan Rusia baru-baru ini terhadap LGBT – seperti melarang pride parade – adalah ilegal.

Sebuah kelompok yang terdiri dari tujuh aktivis Rusia mengajukan 51 aplikasi ke pengadilan, mengklaim bahwa larangan Rusia atas peristiwa LGBT melanggar pasal 11, 13, dan 14 dari Konvensi pengadilan.

Mereka berpendapat bahwa keputusan yang dibuat oleh pihak berwenang di Rusia telah melanggar “kebebasan berkumpul dan berkumpul bersama orang lain” oleh LGBT.

Dalam putusan mereka, ECHR menulis : “Pengadilan menganggap bahwa dalam kasus ini, larangan untuk mengadakan majelis umum LGBT yang dipaksakan oleh otoritas domestik tidak sesuai dengan kebutuhan sosial dan dengan demikian tidak diperlukan dalam masyarakat demokratis.

“Pengadilan juga menemukan bahwa para pemohon mengalami diskriminasi yang tidak adil atas dasar orientasi seksual, bahwa diskriminasi itu tidak sesuai dengan standar-standar Konvensi, dan bahwa mereka ditolak mendapatkan bantuan domestik yang efektif sehubungan dengan keluhan mereka tentang pelanggaran kebebasan mereka untuk berkumpul. “

Namun pengadilan menolak untuk memberikan keputusan pada tuntutan uang kompensasi yang diminta oleh tujuh aktivis tersebut.

Berbicara kepada Kommersant, pengacara Sergei Golubok mengatakan bahwa komentar Dmitry Dedov tidak akan banyak berdampak pada undang-undang anti-LGBT Rusia.

“Pendapat yang berbeda adalah pernyataan posisi hakim yang tidak setuju dengan pendapat mayoritas atau motivasinya. Itu bisa dilakukan, tetapi tidak memiliki konsekuensi hukum independen, ”katanya.

Igor Kochetkov dari Jaringan LGBT Rusia, menambahkan bahwa mereka menginginkan penegakan hak asasi manusia untuk LGBT sebelum mendorong untuk pengesahan ikatan hubungan sesama jenis.

“Apa ikatan sesama jenis dapat didiskusikan jika hak-hak sipil dasar kita, seperti kebebasan berkumpul  saat ini dirampas,” katanya.

Pernyataan ini muncul setahun setelah Pengadilan Hak Asasi Manusia Eropa memutuskan bahwa ‘propaganda homoseksual’ Rusia adalah ilegal dengan alasan bahwa itu bersifat diskriminatif.

Awal tahun ini, otoritas Rusia  menolak melindungi warga LGBT dari ujaran kebencian , mengatakan bahwa mereka tidak memiliki tanggung jawab untuk itu. (R.A.W)

Sumber:

gaytimes