Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Jalan-jalan di São Paulo dipenuhi bukan saja oleh LGBT, namun juga para pendukungnya – dengan penyelenggara mengklaim bahwa lebih dari tiga juta orang hadir.

Festival  tahunan São Paulo Pride ke-22 berlangsung akhir pekan ini, dengan ratusan ribu orang memenuhi jalan-jalan ibukota Brasil untuk melakukan pawai pada hari Minggu (3/6).

Pawai kali ini lebih bersifat politis daripada sebelumnya, menjelang  pemilihan umum di Brasil pada bulan Oktober, dengan penyelenggara menyerukan kepada anggota parlemen dan kandidat untuk menyuarakan dukungan mereka untuk kesetaraan LGBT.

Kesetaraan pernikahan telah sah di Brasil sejak 2013, tetapi negara ini tidak memberikan perlindungan pada diskriminasi LGBT, dan sikap terhadap LGBT masih negatif di banyak daerah. Brasil memiliki tingkat pembunuhan LGBT tertinggi di dunia.

Tema untuk acara tahun ini adalah  ‘Power for LGBTI +: Our Vote, Our Voice.’

Claudia Regina, pimpinan LGBT Pride Parade Association of São Paulo, melaporkan bahwa lebih dari tiga juta orang menghadiri acara tersebut, membuatnya menjadi perayaan Pride terbesar di dunia.

Claudia Regina mengatakan menjelang pawai: “Berbicara tentang pemilihan selama Parade LGBT Pride di São Paulo adalah cara yang berharga untuk berkomunikasi dengan semua individu LGBT di Brasil tentang pentingnya memilih kandidat mereka.

“Melalui perjuangan kami, kami telah mencapai beberapa hak… tetapi kami tidak dapat mengambil risiko kehilangan apa yang telah kami capai hanya karena ketidaktahuan politik.

“ LGBT dari seluruh Brasil perlu memperhatikan Pemilu 2018. Bersama-sama, kita semua dapat mempromosikan dunia yang lebih toleran dengan rasa hormat dan berkurangnya fobia LGBT. ” (R.A.W)

Sumber:

pinknews