Search
Close this search box.
Kazuyo Katsuma

SuaraKita.org – Seorang perempuan pengusaha yang cukup berpengaruh di Jepang mengejutkan banyak perempuan yang bekerja di Jepang dengan mengungkapkan bahwa dia berada dalam hubungan sesama jenis, mungkin, peristiwa ini dapat mengubah permainan dalam penerimaan minoritas seksual yang perlahan-lahan berkembang.

Kazuyo Katsuma, ibu tiga anak berusia tiga puluh tiga tahun, berada di daftar Wall Street Journal “The 50 Women to Watch” pada tahun 2005 karena mendapatkan “legiun penggemar di kalangan ibu yang bekerja di Jepang” melalui pengelolaan sebuah forum daring untuk para ibu yang  bekerja.

Penggemarnya dikenal sebagai “Katsumer,” yang dinominasikan sebagai kata kunci tahun 2009 tahun ini.

Kazuyo Katsuma sebelumnya telah menikah dua kali.

Dalam sebuah wawancara Kazuyo Katsuma mengatakan bahwa dia telah tinggal bersama dengan Hiroko Masuhara, seorang aktivis untuk hak-hak lesbian, gay, biseksual dan transgender yang berusia 40 tahun .

“Saya telah menyembunyikan perasaan tertarik saya kepada sesama jenis,” katanya, yang telah menulis sejumlah buku terlaris. Menurut situs webnya, lebih dari lima juta salinan buku-bukunya tentang keseimbangan kehidupan kerja, manajemen diri dan topik lainnya telah dipublikasikan.

“Setelah aku bertemu Hiroko, es di hatiku telah meleleh, meskipun butuh beberapa tahun. Aku harap artikel wawancara ini akan menghibur seseorang dan memicu perubahan.”

Setelah bekerja untuk beberapa perusahaan internasional termasuk McKinsey dan JPMorgan, Kazuyo Katsuma bekerja sebagai komentator ekonomi.

Penerimaan serikat hubungan sesama jenis telah mulai menyebar secara perlahan di Jepang, meskipun perkawinan sah tetap terbatas pada persatuan antara lelaki dan perempuan.

Pada bulan April, pemerintah kota Fukuoka mulai mengakui kemitraan pasangan LGBT, menambah upaya untuk menghilangkan diskriminasi terhadap minoritas seksual.

Kota di barat daya Jepang menjadi kotapraja ketujuh di negara itu yang mulai mengakui serikat semacam itu, dengan demikian memberikan berbagai hak dan keistimewaan kepada mereka, setelah Tokyo Shibuya menjadi pemerintah kota yang pertama yang melakukannya pada tahun 2015.

Pasangan Kazuyo Katsuma, Hiroko Masuhara menerima sertifikat pertama dari Shibuya ketika dia mendaftarkan hubungannya dengan perempuan lain. Pasangan itu kemudian mengakhiri hubungan mereka.

Menurut survei yang dilakukan pada tahun 2015 oleh raksasa periklanan Jepang Dentsu Inc., 1 dari 13 orang diperkirakan sebagai LGBT di Jepang. (R.A.W)

Sumber:

mainchi