Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Martina Navratilova, mantan petenis nomor satu dunia adalah salah satu atlet pertama di olahraga bergengsi yang melela pada tahun 1981.

Bekas atlet tenis keturunan Ceko-Amerika dan pelopor hak LGBT yang kini berusia 61 tahun, menikahi pacarnya Julia Lemigova pada 2014 setelah melamarnya  di kejuaraan US Open.

Martina Navratilova akan menjadi subjek film dokumenter baru yang diproduksi oleh bintang film Legally Blonde, Reese Witherspoon .

Perusahaan milik Reese Witherspoon, Halo Sunshine, mengembangkan dokumen tertulis  dari jurnalis pemenang Pulitzer, Glenn Greenwald, dan Suzanne Gilbert.

Film ini akan mengeksplorasi pencapaian dan warisan Navratilova sebagai perintis penegakan keadilan sosial, melalui “lensa pribadi” Glenn Greenwald sebagai gay yang tumbuh di Florida pada era Presiden Ronald Reagan. “

Charlotte Koh, kepala divisi media digital dan pemrograman untuk Hello Sunshine berkomentar: “Masalah yang diangkat dari kisah Martina sekarang telah berkembang lebih jauh dari sebelumnya, itulah sebabnya mengapa sangat penting untuk menceritakan kisahnya kepada generasi muda yang terlibat yang mungkin tidak sadar akan peran vital yang dimainkannya dalam membentuk ekspektasi seputar identitas perempuan dan kesetaraan LGBT.

“Memiliki produser seperti Glenn dan Suzanne membingkai ulang pengaruh Martina pada masyarakat melalui lensa perjalanan Glenn secara pribadi menciptakan film yang segar, akrab, dan dapat terhubung kepada khalayak luas.”

Glen Greenwald menambahkan: “Selain prestasi besar Martina di lapangan, masih banyak yang belum memahami tentang peran besarnya sebagai pelopor dan perintis pada pertanyaan feminisme, atlet perempuan, kesetaraan untuk gay dan lesbian di planet ini, visibilitas transgender, hak imigran, dan hak perbedaan pendapat politik.

“Saya bersemangat untuk bermitra dengan Reese dan Hello Sunshine untuk menjelajahi warisan yang benar-benar abadi, keberaniannya yang luar biasa secara langsung atau tidak langsung menginspirasi jutaan orang yang tidak memiliki panutan.”

Glen Greenwald memenangkan Pulitzer pada tahun 2014 karena menulis berita tentang Edward Snowden yang membocorkan informasi program mata-mata rahasia NSA kepada pers. . Dia sekarang menulis untuk The Intercept, di mana dia dikenal sebagai penulit yang cukup kritis tentang penyelidikan oleh Robert Mueller kepada Donald Trump.

Martina Navratilova telah menyuarakan tentang hak LGBT selama beberapa dekade – berbicara tentang undang-undang anti-gay Rusia, menentang homofobia atas dasar agama, dan mengadvokasi hak kemitraan pasangan sesama jenis.

Dia juga berbicara tentang betapa kecewanya dia bahwa hanya ada sedikit pemain tenis lelaki (yang melela) meskipun ada sejumlah pemain tenis perempuan.

Martina Navratilova mengatakan baru-baru ini: “Di lapangan tenis, saya tentu ingin melihat lebih banyak pemain yang melela.

“Saya tidak percaya bahwa tidak pernah ada petenis lelaki yang mengambil langkah itu.

“Dengan setiap selebriti atau atlet yang melela, hal itu diharapkan akan mengurangi sebuah masalah dan akhirnya apa yang kita inginkan, tidak lagi menjadi masalah besar.”

Martina melanjutkan: “Ini akan lebih sulit ketika Anda bermain dalam olahraga tim daripada saat Anda bermain dalam olahraga individu. Sebagai pemain tenis, saya selalu bisa bermain tenis.

“Tidak ada yang bisa melarang saya tetapi dalam olahraga tim, itu lebih sulit.

“Dan tentu saja itu tergantung negara mana Anda berada, karena kita masih memiliki negara di mana homoseksualitas dapat dihukum mati, jadi kami berbicara tentang situasi yang berbeda di sini.

“Disini, di Amerika kami memperjuangkan persamaan hak dan hak untuk menikah. Di negara lain, orang memperjuangkan hak untuk tetap hidup.

“Jadi itu situasi yang berbeda dan itu sangat individual, seperti keputusan untuk keluar atau tidak.” (R.A.W)

Sumber:

Pinknews