Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Kantor berita The Prague Daily Monitor melaporkan bahwa hasil dari jajak pendapat terbaru menunjukkan bahwa 75 persen warga Republik Ceko mendukung legalisasi kesetaraan pernikahan. Hanya 19% yang menentangnya. Ini menandai tingkatan lebih lanjut yang diraih untuk mendukung hak LGBT di negara tersebut, setelah jajak pendapat pada tahun 2016 menemukan bahwa 68% orang mendukung melegalkan kesetaraan pernikahan.

Czeslaw Walek, ketua gerakan kampanye Jsme fér mengatakan: “Ceko tentu tidak menentang kebahagiaan pasangan gay dan lesbian.  75 persen masyarakat percaya bahwa jika keduanya saling mencintai, mereka harus memiliki kesempatan untuk menikah. ”

Saat ini, Republik Ceko menawarkan ikatan hubungan yang terdaftar untuk pasangan sesama jenis. Sejak praktik tersebut diperkenalkan pada tahun 2006, 2.647 pasangan telah menjadi satu dalam sebuah ikatan sipil. Kesetaraan pernikahan sebagian besar didukung oleh perempuan, dan generasi muda dengan pendidikan tinggi. Jika Republik Ceko memang memperkenalkan pernikahan sesama jenis, maka mereka akan menjadi negara Uni Soviet pertama yang melakukannya.

Namun, hanya ada sedikit dukungan untuk pasangan sesama jenis yang bisa melakukan adopsi. Hanya 61 persen orang yang mendukung, sedangkan 31 persen menentang gagasan tersebut.

Statistik mengecewakan lainnya juga dilemparkan, dengan hampir sepertiga orang percaya bahwa homoseksualitas adalah “urusan modis” dan bahwa penerimaannya akan mengarah pada “penurunan moralitas.” Satu dari lima orang masih berpikir bahwa homoseksualitas itu tidak bermoral, dan lebih jauh lagi. 13 persen berpikir bahwa kesetaraan pernikahan akan mengancam pernikahan heteroseksual. 8 persen warga Ceko melangkah lebih jauh, berpikir bahwa kesetaraan pernikahan secara pribadi akan mengancam mereka.

Terlepas dari beberapa statistik yang mengecewakan ini, kesetaraan pernikahan dapat terjadi di Republik Ceko. Di masa lalu, Perdana Menteri Ceko Andrej Babiš telah menyuarakan dukungannya, dan juru kampanye kesetaraan pernikahan mengatakan bahwa hanya kurang dari setengah anggota parlemen di negara itu yang telah menjanjikan dukungan mereka.

Jajak pendapat ini dilakukan selama bulan Februari dan meminta pendapat kepada 1.216 orang. (R.A.W)

Sumber:

Praguemonitor

Gaytimes