Search
Close this search box.

Hak Waria Terabaikan Dalam Pemilu

Jakarta.ourvoice.or.id – Pemilihan umum untuk memilih anggota legislatif maupun eksekutif baik ditingkat daerah maupun nasional, ternyata mempunyai cerita sendiri bagi warga negara yang bernama Waria.

Negara yang masih belum mengakui identitas Waria dalam kependudukan menjadi persoalan sendiri bagi seorang Waria.  Berikut pengalaman Jen Katlea, seorang Waria dari Bogor, Jawa Barat, menuturkan pengalaman ketika mengambil hak suara dalam suatu pemilihan kepada desa diwilayah-nya.

Hal ini tentu hanya gambaran kecil dari persoalan yang lebih besar atas hilangnya hak-hak dasar Waria di Indonesia. Situasi ini bukan hanya terjadi pada Jen semata, tetapi menjadi persoalan jutaan Waria di Indonesia.

Padahal kita tahu, Waria adalah warga negara yang juga membayar pajak. Mengapa negara selalu luput  terhadap hak mereka? Termasuk didalamnya hak untuk memilih dengan aman dan nyaman. Mudah-mudahan video ini menjadi perhatian khusus bagi penyelenggara pemilihan umum, baik ditingkat daerah sampai nasional.  (Hartoyo)