Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Blue Veins, sebuah organisasi yang bekerja untuk komunitas transgender dan interseks di Khyber Pakhtunkhwa Pakistan, telah meluncurkan aplikasi android “Trans-Muhafiz” yang berguna untuk keamanan dan pelaporan kekerasan terhadap komunitas transgender di bawah dukungan Canadian Fund for Local Initiatives (CFLI) .

Upacara peluncuran diadakan di Peshawar Press Club. Aktivis transgender, perwakilan masyarakat sipil dan orang-orang dari lapisan masyarakat lainnya ikut hadir.

Qamar Naseem, Koordinator Program Blue Veins, mengatakan aplikasi ini adalah yang pertama di Pakistan, unik dan mudah digunakan jika terjadi keadaan darurat, yang dapat dengan mudah diunduh dari Google Play Store.

Dia mengatakan Aplikasi ini dibuat untuk memperbaiki sistem pelaporan kekerasan terhadap komunitas transgender. Aplikasi “Trans-Muhafiz” memiliki opsi pelaporan daring dan luring.

 

Sistem pelaporan kekerasan daring akan membuat pelaporan yang lebih memberdayakan bagi transgender korban kekerasan, memberi otoritas bukti dan data kekerasan yang lebih baik, dan memfasilitasi identifikasi pelaku berulang.

Berbagi tentang fitur Trans-Muhafiz, Qamar Naseem mengatakan bahwa Blue Veins memperkenalkan aplikasi ini untuk memfasilitasi komunitas transgender dengan teknologi terkini. Dia berharap ini akan membantu memberdayakan komunitas transgender dalam meningkatkan suara mereka melawan kekerasan dengan membuat sistem pelaporan yang lebih mudah dan mudah diakses oleh mereka.

Pengguna Aplikasi harus menambahkan kontak darurat yang akan mendapatkan peringatan jika terjadi keadaan darurat.

Dalam sistem laporan daring,  tidak hanya pesan teks yang bisa dikirim oleh aplikasi ini tapi juga kekerasan dapat dilaporkan melalui pengiriman pesan suara, gambar dan video. (R.A.W)

Sumber:

thenews