Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Seorang militan ISIS yang memimpin eksekusi puluhan lelaki gay ditangkap di kota Mosul, Irak.

Abu Omer yang juga dijuluki “si janggut putih” ditangkap di Mosul setelah penduduk setempat membocorkan tempat persembunyiannya kepada pasukan keamanan di kota tersebut, Kantor Berita Ahlulbayt (ANBA) yang berbasis di Iran melaporkan dengan mengutip media Irak.

Abu Omer adalah seorang yang selalu terlihat di beberapa video eksekusi ISIS, di mana lelaki gay dilempar dari bangunan atau warga lainnya yang dipenggal kepalanya dan dilempari batu sampai mati karena pelanggaran ringan seperti penghujatan.

Dalam sebuah video, yang direkam pada bulan Maret 2015, seorang lelaki yang tampak seperti Abu Omer membaca sebuah daftar tuntutan terhadap tiga orang sebelum dipenggal kepalanya secara terbuka.

Foto lain muncul untuk menunjukkan Abu Omer memeriksa tumpukan batu sebelum hukuman rajam di depan publik dilakukan. Sekarang, algojo ISIS yang paling ditakuti ini terancam untuk dieksekusi.

Menurut laporan Human Rights Watch yang dirilis bulan lalu, sekitar 20.000 orang ditahan di Irak karena dicurigai memiliki hubungan dengan ISIS.

Tidak jelas berapa banyak warga Irak yang telah dibantai oleh ISIS sebelum secara perlahan dipukul mundur  oleh pasukan pemerintah.

Investigasi yang dilakukan oleh Associated Press telah menemukan setidaknya 133 kuburan massal yang ditinggalkan oleh para ekstremis yang kalah, dan hanya segelintir yang digali. Menurut perkiraan mereka ada sekitar 11.000 sampai 13.000 mayat di kuburan tersebut. (R.A.W)

 

Sumber:

foxnews