Search
Close this search box.
John Challis (kiri) dan Arthur Cheeseman

SuaraKita.org – John Challis (89) dan Arthur Cheeseman (85) telah hidup bersama selama 50 tahun.

Mereka diyakini merupakan pasangan gay tertua yang masih hidup di Australia, dan sekarang negara tersebut telah memilih untuk mendukung kesetaraan pernikahan, mereka berencana untuk akhirnya mengikat janji pada bulan Januari mendatang.

“Kami akan menikah, tapi tanpa gembar-gembor. Kita mungkin akan pergi ke kantor catatan sipil bersama beberapa teman tahun depan, ” kata John saat diwawancara oleh radio ABC.

“Atau, saya punya teman yang diberi mandat untuk melakukan prosesi pernikahan, dia mungkin akan datang ke sini untuk minum kopi pada suatu pagi dan kami akan mendatangkan beberapa saksi – sangat sederhana, hanya itu.

“Saya berulang tahun ke-90 tahun depan, mungkin kita bisa menggabungkan acaranya.

“Seperti yang telah saya katakan sebelumnya, salah satu hal penting bagi kami adalah memiliki surat nikah, karena surat tersebut memberi kita martabat baru, status baru, dan tempat baru di masyarakat. Kita sama seperti orang lain. “

Perdana Menteri Malcolm Turnbull pernah mengatakan bahwa pemerintahnya akan berusaha untuk mengesahkan undang-undang kesetaraan pernikahan pada hari Natal.

“Sangat lega rasanya ketika semuanya telah berakhir. Saya sudah sangat gugup selama ini, “lanjut John. “Saya benar-benar berpikir bahwa jumlah suara yang memilih “NO” sewaktu-waktu dapat naik,” katanya.” Pemilihan ini bukan hanya mendukung kesetaraan pernikahan, tapi juga mendukung kaum gay dan lesbian.”

Survei melalui pos pada bulan November lalu menghasilkan 61,6% suara warga Australia mendukung kesetaraan pernikahan, walaupun itu berarti hampir 40% warga menolak, hal ini cukup memprihatinkan.

Namun, John dan Arthur tetap berpikir positif.

“Hasil  perolehan suara cukup banyak,” kata mereka. “Tapi kita harus menerimanya dan berharap mereka sudah terbiasa dengan hal tersebut. Mereka akan secara bertahap mengetahui bahwa hal ini bukan akhir dari peradaban, dengan adanya  kesetaraan pernikahan bukan berarti mengubah masyarakat dengan cara yang mengerikan.” (R.A.W)

Berikut video  wawancara dengan John dan Arthur lima tahun yang lalu, di mana mereka membicarakan kesetaraan pernikahan.

Sumber:

gaytimes