Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Danica Roem, seorang mantan jurnalis yang menjadi kandidat untuk House of Delegates Virginia, dengan mudah memenangkan pemilihannya pada Selasa (07/11) malam untuk menjadi wakil negara transgender pertama di negara bagian tersebut.

Dia menggulingkan Bob Marshall yang menjabat selama 25 tahun, dia adalah salah seorang di antara anggota parlemen anti-LGBT yang paling vokal. Bob Marshall adalah sponsor “bathroom bill” Virginia yang transfobik, yang berusaha melarang warga transgender menggunakan toilet umum yang sesuai dengan identitas gender mereka.

Dengan 95 persen suara yang diperebutkan, Danica Roem mendapat 54,6 persen suara. Dia akan mewakili distrik ke-13 Virginia, sebuah wilayah yang mencakup sebagian besar wilayah Prince William County di pinggiran kota Washington, D.C. Distrik tersebut sangat disukai Hillary Clinton pada tahun 2016, namun dalam pemilihan terakhirnya pada tahun 2015, Bob Marshall mengalahkan kandidat partai Demokrat dengan memenangkan 56,1 persen suara.

Kemenangan Danica Roem adalah bagian dari keberhasilan Partai Demokrat di Virginia. Selain kemenangan dalam pemilihan gubernur, wakil gubernur dan jaksa agung, Patai Demokrat juga memenangkan 14 kursi di House of Delegates. (R.A.W)

 

Sumber:

Thinkprogress