Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Sebuah jajak pendapat yang dilakukan oleh BBC yang bekerjasama dengan Ipsos MORI, sebuah perusahaan survey menemukan bahwa sepertiga orang yang berusia 16 sampai 22 tahun mengidentifikasi bahwa mereka tertarik pada seseorang dari jenis kelamin yang sama setidaknya pada beberapa waktu. Dari kelompok tersebut, sembilan persen diidentifikasi sebagai biseksual, sementara empat belas persen menyatakan bahwa mereka “umumnya heteroseksual” namun tidak sepenuhnya.

Jajak pendapat tersebut mensurvei 3.000 orang yang terbagi dalam empat generasi – Z, Y, X, dan baby boomer (generasi pasca perang dunia II). Seiring bertambahnya generasi, semakin sedikit anggota generasi tersebut yang diidentifikasi sebagai heteroseksual. Di Generasi X, sebesar 85 persen; Generasi Y, atau dikenal sebagai milenial, sebesar 71 persen. Jajak pendapat tersebut menemukan bahwa 88 persen baby boomer diidentifikasi sebagai heteroseksual sepenuhnya, dengan hanya 9 persen yang mengidentifikasi “umumnya heteroseksual” dan satu persen sebagai biseksual.

Banyak responden survei merasa bahwa generasi muda lebih nyaman dengan label LGBT.

Seorang perempuan dari generasi milenial berpendapat bahwa generasi mereka tidak peduli terhadap jenis kelamin sebuah pasangan. ‘Itu pasangan heteroseksual, itu pasangan gay.’ Mereka hanya berpikir, ‘Itu pasangan, kedua orang itu jatuh cinta dan itu tidak masalah.'”

Salah seorang teman lelakinya juga berbagi sentimen tersebut, dia menambahkan,” Tidak ada yang peduli. Anda hanya ingin menjadi diri Anda sendiri. Jika seseorang merasa bahagia, siapa yang peduli?”

Generasi termuda juga memiliki banyak kekhawatiran tentang keadilan sosial. Sepuluh persen Generasi Z menggambarkan prasangka buruk terhadap individu LGBT sebagai isu yang penting, dibandingkan dengan 1 persen Baby Boomers. Dua puluh persen responden Generasi Z juga mengatakan bahwa rasisme adalah sebuah keprihatinan, namun hanya 6 persen dari generasi Baby Boomer yang merasa seperti itu. (R.A.W)

Hasil survey dapat diunduh pada tautan berikut

[gview file=”http://suarakita.org/wp-content/uploads/2017/09/bbc-newsbeat-survey-tables-2017.pdf”]

Sumber:

Advocate
IpsosMORI