Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Sebuah proyek Kickstarter telah diluncurkan untuk mendanai mainan baru untuk membantu mengajari anak-anak tentang identitas gender.

Mainan yang dinamai Sam ini dikembangkan oleh Gender Creative Kids Canada, sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di Montreal, Kanada yang bertujuan untuk membantu anak-anak, orang tua dan keluarga memahami identitas gender. Organisasi tersebut menggambarkan Sam sebagai: “Mainan pendidikan transgender pertama.”

Sam terdiri dari serangkaian boneka yang mirip seperti boneka khas rusia Matryoshka, masing-masing boneka mewakili berbagai tahap dan emosi saat berhadapan dengan identitas gender. Setiap set mainan Sam juga dilengkapi dengan sebuah buklet kecil dan sebuah buku elektronik dengan informasi yang akan membantu orang dewasa untuk membicarakan identitas gender kepada  anak-anak.

“Kesadaran akan variasi identitas gender meningkat di banyak negara, namun masih sedikit alat yang memungkinkan orang tua atau guru berbicara kepada anak kecil tentang subjek yang sensitif dan kompleks ini,” demikian keterangan  di laman Kickstarter mengenai Sam.

“Sam membantu anak-anak berempati dengan tantangan emosional untuk dilahirkan sebagai transgender atau orang dengan keberagaman gender.”

Mereka juga mengingatkan bahwa mainan ini tidak mewakili setiap orang yang telah melewati perjalanan melela sebagai trans.

“Sam tidak mewakili seluruh spektrum emosi yang dirasakan oleh anak,” tambah mereka.

“Sam bukan peta jalan untuk diikuti orang atau alat diagnostik untuk orang tua.”

Sebuah film animasi pendek berjudul  Sam’s Story dibuat untuk mempromosikan mainan dan telah menjadi viral di Facebook, mendapatkan lebih dari  1 juta penonton dalam dua minggu.Video tersebut mengikuti perjalanan Sam dan saudara kembarnya saat mereka tumbuh besar, Sam berjuang dengan emosi yang sama dengan pengalaman anak-anak trans, hal yang sama ditunjukkan oleh mainan tersebut.

Mainan Sam akan berukuran tinggi delapan inci dan ditujukan untuk anak-anak usia tiga tahun ke atas.

Gender Creative Kids Canada ingin mengumpulkan dana sebesar 137.500 Dollar Kanada untuk memproduksi mainan Sam. Mereka  saat ini memiliki 186 pendukung dengan dana sumbangan sebesar 16.355 Dollar Kanada dengan hanya 43 hari lagi waktu yang tersisa untuk menyumbang.  Jika target mereka tercapai, Sam akan siap untuk dikirim pada musim semi 2018. (R.A.W)

Sumber:

Pinknews