Search
Close this search box.

SuaraKita.org – 2017 adalah tahun yang baik untuk film-film bertema LGBT yang masuk ke dalam nominasi di L.A. Film Festival . Festival film tersebut dilaksanakan setiap tahun semenjak tahun 1995 yang memberikan penghargaan kepada film-film independen, dokumenter dan film pendek internasional. Sedikitnya 36000 penonton menghadiri acara tersebut.

Meskipun bukan festival film khusus LGBT , L.A. Film Festival  menyaring tujuh fitur dan beberapa film pendek yang bertema atau diperankan oleh LGBT selama seminggu terakhir. Ketika para pemenang diumumkan pada kamis (22/6) sutradara-sutradara dari film Becks, film And Then There Was Eve dan film pendek berjudul Swim  pulang dengan membawa piala penghargaan.

Sutradara Elizabeth Rohrbaugh dan Daniel Powell membawa pulang U.S. Fiction Award. Untuk film  Becks, yang melakukan pemutaran perdana di L.A. Film Festival. Bintang film Lena Hall yang  berperan sebagai Becks, seorang musisi yang bertemu kembali dengan ibunya, mantan biarawati Katolik yang diperankan oleh Christine Lahti, setelah dicampakkan oleh kekasihnya di menit-menit awal film tersebut. Lena beradu akting dengan Mena Suvari, yang berperan sebagai bunga cinta Becks dalam film yang manis dan menggoda tersebut.

Sutradara film And Then There Was Eve, Savannah Bloch memenangkan penghargaan  L.A. Muse Fiction Award untuk film yang separuh bertema thriller dan separuh lagi bertema percintaan ini. Film ini juga tayang perdana di L.A. Film Festival, menceritakan tentang tokoh Alyssa, seorang fotografer yang mendapati apartemennya berantakan dan suaminya menghilang. Enter Eve -yang diperankan oleh aktris transgender Rachel Crow-, seorang rekan yang juga seorang pianis membantu Alyssa untuk melanjutkan hidupnya setelah kepergian suaminya dengan berbagai cara.

Swim, film tentang seorang remaja transgender yang menjadi dirinya sendiri yang disutradarai oleh Mari Walker memenangkan Audience Award untuk kategori Film Pendek.

L.A. Film Festival tidak hanya memajang beberapa film bertema LGBT dan memberi penghargaan kepada mereka, namun festival film ini juga menyelenggarakan program Diversity Speaks, yaitu serangkaian diskusi panel tentang keberagaman dalam film yang mencakup sebuah tema tentang individu cisgender yang memerankan peran transgender dan sesi tanya jawab dengan penulis skenario dan pemeran dalam serial Master of None, Lena Waithe. (R.A.W)

Sumber:

advocate