Search
Close this search box.

saskatchewan-transSuaraKita.org – Pemerintah propinsi Saskatchewan, Kanada beberapa waktu lalu mengumumkan di situs pemerintahannya bahwa mereka menanggung hingga 100% biaya yang diperlukan untuk melakukan operasi penyesuaian jenis kelamin bagi transgender. Keputusan ini diambil karena meningkatnya permintaan dari warga untuk melakukan proses tersebut.

Menurut pemerintah propinsi, beberapa operasi perlu dilakukan sebagai bagian dari proses penyesuaian jenis kelamin tersebut. Proses yang lazim dilakukan adalah histerektomi atau juga mastektomi yang dapat dilakukandi Saskatchewan. Sedangkan prosedur kompleks lebih lanjut yang membutuhkan keahlian khusus dan tidak bisa dilakukan di Saskatchewan tetap ditanggung oleh pemerintah melalui Kementrian Kesehatan.

“Dalam beberapa kasus, berdasarkan rekomendasi dari pihak yang kompeten, biaya untuk melakukan prosedur tersebut 100% akan” jelas Menteri Kesehatan Jim Reiter. Namun prosedur yang dianggap sebagai prosedur percobaan atau non-fungsional tidak akan ditanggung. Termasuk juga biaya transportasi dan akomodasi. Sebenarnya pemerintah provinsi telah mencadangkan dana untuk pembiayaan prosedur tersebut selama lebih dari 1 dekade, hal ini terjadi karena informasi yang diberikan pemerintah tidak jelas.

Menurut Laura Budd dari LSM Moose Jaw Pride, hingga pengumuman tentang pertanggungan biaya tersebut di keluarkan oleh pemerintah, banyak transgender yang belum mengetahui perihal tentang pembiayaan ini. Mereka belum paham tentang kebijakan tersebut secara aktual dan komunikasi dari pihak pemerintahan tidak jelas. “Mengetahui adanya pembiayaan tersebut akan meningkatkan taraf kesehatan mereka, bagi beberapa individu bahkan dapat menyelamatkan hidup mereka”. kata Laura.

Laura juga mengatakan bahwa akses informasi tersebut akan memberi efek yang baik bagi individu-individu transgender. “Dengan adanya akses informasi dan jalur prosedur di hadapan mereka, setidaknya mereka dapat mengetahui apa yang mereka cari, dan dapat merencanakannya. Karena sangat sulit untuk merencanakan sesuatu yang belum diketahui”. Ujarnya. Dia juga menambahkan bahwa dulu, para transgender memulai kampanye penggalangan dana, mencairkan tunjangan pensiun mereka, berhutang atau bahkan menjual rumah untuk membiayai prosedur operasi penyesuaian jenis kelamin.

Identitas gender dimasukkan ke dalam kategori yang dilindungi di dalam kitab undang-undang HAM Saskatchewan di tahun 2014. Pada bulan Maret lalu Pengadilan Tinggi Saskatchewan memutuskan bahwa bukti dari operasi pengesuaian jenis kelamin tidak lagi dibutuhkan untuk perubahan akte kelahiran. (R.A.W)

Sumber

Globalnews Canada