Search
Close this search box.

11221722_1003074413136556_3712166758116011816_n

SuaraKita.org – 53 pasang pengantin lesbian menikah serentak di pernikahan massal yang diadakan di Provincetown, Massachusetts, Amerika Serikat beberapa waktu lalu. Sebenarnya panitia  penyelenggara “Bride Pride” ingin mencatatkan rekor tersebut ke dalam the Guinness Book of World Records, namun pihak yang berwenang menyatakan bahwa harus ada lebih dari 100 pasang jika ingin tercatat. Tapi setidaknya pernikahan massal ini berhasil mencatatkan sejarah baru dalam masyarakat LGBT.

Kate Clinton, seorang komedian dan juga ikon LGBT didaulat untuk menjadi pembawa acara di pernikahan tersebut. Pasangan pengantin berkumpul di sebuah ruangan terbuka di sebuah penginapan ramah LGBT “Roux” pada sabtu (15/10). Panitia penyelenggara Ilene Mitnick dan pasangannya Alli Baldwin menjadikan penginapan mereka sebagai tempat dimana para pengantin mengucapkan sumpah pernikahan.  “Acara ini sangat meriah, banyak kebahagiaan dan cinta didalamnya” kata Ilene ketika diwawancarai oleh Yahoo Style. Salah satu pasangan yang berbahagia adalah Amanda Phillips, yang menikahi pasangannya  Tammy Turner. “Kami tidak mungkin bisa melakukan hal ini di tempat kami, Tennessee” kata Amanda. “Acara ini sangat mengagumkan.” Tambahnya.

Pernikahan massal ini sangat menarik perhatian masyarakat sekitar, mereka berkumpul memenuhi jalan-jalan di sekitar penginapan dan sekitar area tersebut agar bisa melihat prosesi upacara pernikahan. Ke 53 pasang pengantin berusia antara 25 sampai 75 tahun , sebagian mereka berasal dari 15 negara bagian yang berbeda yang sengaja datang untuk melakukan pernikahan di acara tersebut.

mrsmrsPeserta mendaftarkan diri mereka di sebuah toko buku feminis “Womencrafts” sebelum mengajukan permohonan izin pernikahan mereka. Pemilik toko buku tersebut Michelle Axelson memberikan cinderamata kepada calon pengantin dan mengambil foto mereka yang berpose sambil memegang tanda “nyonya & nyonya”. Michelle menyatakan bahwa: “Sangat jelas terlihat bahwa bagi komunitas LGBT, kasih sayang dan pernikahan adalah sebuah aksi politis. Adalah suatu kehormatan untuk hadir dalam acara ini, khususnya untuk pasangan yang keluarganya tidak datang”. Michelle pun mengaku bahwa dia menangis bahagia sepanjang acara.

Di laman grup facebook  mereka, Ilene Mitnick dan pasangannya Alli Baldwin mengatakan bahwa acara serupa akan dilaksanakan lagi pada tahun 2017 yang akan datang. (R.A.W)

Sumber

lgbtqnation