Search
Close this search box.

rashidunnabi-secular-activist-murderer-1wbSuaraKita.org – Kepolisian Bangladesh telah menangkap tersangka utama pembunuhan Xulhaz Mannan, seorang aktivis hak LGBT dan editor dari majalah Roopbaan atas tuduhan menjadi pelopor dan mempropagandakan praktek homoseksualitas yang diklaim oleh Ansar Al-Islam sebuah afiliasi dari Al-Qaeda untuk Bangladesh.

Sebuah tim dari unit Counter-Terrorism and Transnational Crime (CTTC) menangkap Rashidun Nabi di sebuah terminal bis di wilayah Sayedabad pada malam senin (16/10) kemarin. Rashidun Nabi adalah tersangka utama dalam pembunuhan Xulhaz Mannan yang terjadi pada bulan April yang lalu.

dok. Wikipedia
Xulhaz Mannan, dok. Wikipedia

Xulhaz Mannan adalah sepupu dari mantan Menteri Luar Negeri, Dipu Moni, dari partai yang sedang memerintah saat ini. Dia dibunuh oleh kelompok bersenjata yang menyamar sebagai kurir dari sebuah perusahaan ekspedisi. Sehari sebelum terbunuh Xulhaz Mannan menyatakan keprihatinan atas hukum dan ketertiban negara dalam sebuah status yang ditulis di Facebook miliknya. Xulhaz diketahui sering bersikap kritis terhadap agama.

Saat ini tersangka Rashidun Nabi berada dalam penahanan kepolisian kota Dhakka bersama dengan beberapa tersangka dalam pembunuhan tersebut yang telat tertangkap beberapa waktu sebelumnya, dan akan segera diajukan ke persidangan dalam waktu dekat.

Pengumuman penangkapan Rashidun Nabi hanya berselang beberapa jam setelah pengadilan Bangladesh menjatuhkan hukuman 10 tahun penjara kepada 3 anggota Jamaatul Mujaheedin Bangladesh (JMB) atas peristiwa peledakan yang menewaskan 2 orang hakim serta puluhan korban yang sebagian besar adalah warga asing pada tahun 2005 silam. (R.A.W)

Sumber

OutlookIndia