Search
Close this search box.

erin

SuaraKita.org – Setelah mengikuti kontes kecantikan diam-diam atau hanya berkarya dibelakang layar, gay dan lesbian akhirnya dapat melihat salah satu dari mereka mengikuti kontes kecantikan terbesar. Erin O’Flaherty pemenang Miss Missouri yang sudah melela sebagai lesbian akan ikut dalam ajang kontes pemilihan Miss America.

“Dibalik layar, kami sudah terwakili dengan baik, tapi saya adalah lesbian melela yang pertama, jadi saya sangat bersemangat sekali. Saya tahu saya memiliki kesempatan untuk membuat sejarah, sekarang saya harus lebih terbuka kepada masyarakat dan bertemu dengan lebih banyak orang.” Kata Erin ketika diwawancara oleh The Associated Press.

Rich Helfant, direktur eksekutif dari Greater Atlantic City GLBT Alliance, yang juga ikut membantu terselenggaranya kontes Miss’d America, sebuah kontes kecantikan ala ajang Miss America yang berupa hiburan dan penggalangan dana mengatakan bahwa dia sangat antusias untuk menonton final pemilihan Miss America tahun ini. Nama Miss’d America diambil dari fakta bahwa banyak pekerja LGBT yang bekerja keras di belakang layar selama Miss America dan tidak pernah melihat apa yang terjadi di atas panggung. “mereka benar-benar melewatkan (missed – eng) acara Miss America” tambah Rich. Kontes Miss’d America  berhasil menghimpun dana setidaknya 300.000 dolar tiap tahunnya dan menjadi acara sosial terkenal di masyarakat LGBT.

Sebenarnya dalam sejarah perhelatan kontes kecantikan, terdapat beberapa orang lesbian, diantaranya adalah:

Djuan Trent, Miss Kentucky 2011 ini mengikuti ajang Miss America hinggal 10 besar. Djuan melela sebagai lesbian tahun 2014.

Patricia Yurena, 2 kali memenangkan kontes Miss Spain dan runner up di ajang Miss Universe melela sebagai di tahun 2014 dengan mengunggah foto bersama pasangan perempuannya dan diberi judul Romeo dan Juliet.

Di tahun 2012, 2 orang kontestan yang melela sebagai lesbian, Jenelle Hutcherson dan Mollie Thomas mengikuti pemilihan Miss California USA. Akan tetapi mereka tidak jadi maju ke pemilihan Miss USA

Josh Randle, direktur pelaksana Miss America Organization mengatakan bahwa kontes ini mencerminkan Amerika yang sedang berkembang.

Melalui setiap tonggak utama dari evolusi bangsa kita, Miss America telah memberikan suara untuk perempuan dari semua lapisan masyarakat, dan, tahun ini, kami menyambut kontestan pertama kami yang sudah melela. “Kontestan Miss America harus terus menjadi yang terbaik dan tercerdas di negeri ini, dan kami bangga serta mendukung setiap kontestan yang bersaing dalam program nasional kita.” Pungkasnya. (R.A.W)

Sumber
NY Post