Search
Close this search box.

aussie

SuaraKita.org – Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull mengatakan bahwa pemungutan suara untuk kesetaraan pernikahan akan dilaksanakan sesegera mungkin jika partai koalisi menang pada  pemilihan umum yang dilaksanakan pada 2 juli 2016. Diharapkan pemungutan suara yang memungkinkan pasangan sesama jenis untuk menikah di Australia dilaksanakan pada akhir tahun 2016.

PM Turnbull mengatakan pertanyaan plebisit (pemungutan suara) akan sangat mudah. ”Kami akan meminta orang-orang Australia apakah mereka mendukung perluasan definisi pernikahan untuk mencakup pasangan dari jenis kelamin yang sama”.

Sedangkan jurubicara dari Australian Marriage Equality Shirleene Robinson mengatakan “Terlepas dari siapapun yang memenangkan pemilihan nantinya, cara tercepat untuk mendapatkan kesetaraan pernikahan adalah lewat pemilihan suara di parlemen dan diadakan secepatnya”.

Shirleene menambahkan bahwa kesetaraan pernikahan ini menyangkut anggota keluarga, teman, tetangga dan rekan kerja. Pendukung kesetaraan pernikahan ingin memastikan setiap warga negara  Australia memiliki peluang dan kesempatan yang sama dalam kehidupan.

Di sisi lain Koalisi buruh berkomitmen akan mengadakan pemilihan suara untuk pernikahan sesama jenis dalam program 100 hari mereka jika terpilih. “LGBTI Australia, dan keluarga mereka, tidak harus menunggu lebih lama lagi untuk memiliki hak yang sama seperti setiap orang lainnya di negeri ini” demikan ucap Bill Shorten pimpinan koalisi buruh.  (Radi Arya Wangsareja)

Sumber

TheGuardian