Search
Close this search box.

imgID55515611.jpg-pwrt3SuaraKita.org – Equality Network, sebuah badan amal untuk kesetaraan LGBTI bekerja sama dengan Polisi Skotlandia memberikan program pelatihan untuk polisi  Skotlandia yang bertujuan membantu korban  kejahatan atas dasar kebencian (hate crime), dan meningkatkan kepercayaan publik kepada kepolisian.

Lebih dari 60 personil  akan dijadikan sebagai tim dalam sebuah jaringan di semua penjuru Skotlandia yang dapat diakses langsung oleh masyarakat LGBTI.

Inspektur Polisi  Jim Baird dari Departemen Keamanan Masyarakat Skotlandia mengatakan: “memberantas Hate Crime  adalah prioritas bagi Polisi Skotlandia. Kami senang telah bekerja dengan Equality Network.

“Riset menunjukkan bahwa hate crime terhadap komunitas LGBTI sering kali tidak terlaporkan, kami berharap petugas yang telah terlatih ini dapat memberi keberanian kepada masyarakat LGBTI di Skotlandia untuk bekerjasama dengan kepolisian dalam kasus ini.”

Jim Baird menambahkan “Jika ada yang merasa mereka telah menjadi korban, atau saksi, kejahatan yang dimotivasi oleh kebencian karena orientasi seksual atau identitas gender mereka harus melaporkannya kepada kami secara langsung, online atau melalui situs pelaporan. Kami akan menanggapi semua  laporan tersebut dengan sangat serius dan akan melakukan investigasi menyeluruh untuk memastikan pelaku dibawa ke pengadilan.”

Meskipun telah memiliki undang-undang yang kuat di Skotlandia, pelecehan, kekerasan verbal dan kejahatan kekerasan masih terjadi terhadap masyarakat LGBTI. Mayoritas  tidak dilaporkan ke polisi karena mereka terlalu takut untuk melaporkan dan belum menyadari hak-hak mereka

Program pelatihan ini merupakan langkah awal dalam menanggulangi hate crime di Skotlandia dan diharapkan akan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap polisi untuk melaporkannya  sebagai  kontribusi untuk mencapai tujuan agar Skotlandia lebih adil bagi semua orang. (Radi Arya Wangsareja)

 

Sumber

www.pinknews.co.uk