Search
Close this search box.

sam-smith-oscar-mainSuaraKita.org – Sam Smith dan penulis lagu Jimmy Napes memenangkan Academy Award untuk kategori Best Original Song untuk “Writing’s on the Wall,” yang menjadi soundtrack film James bond “Spectre”. Setelah memenangkan kehormatan yang sama di bulan Januari di acara Golden Globes,  Sam Smith mengalahkan Lady Gaga dan mendedikasikan penghargaan untuk komunitas LGBT,  Sam Smith dalam sambutannya mengutip komentar terbaru Ian McKellen ini tentang LGBT yang kurang terwakili di Oscar.

 “I stand here tonight as a proud gay man, and I hope we can all stand together as equals one day,”

“Writing’s on the Wall”  mengalahkan Lady Gaga dengan lagu “Til It Happens to You” dari film dokumenter The Hunting Ground; “Simple Song # 3” oleh David Lang dari film Youth ; “Earned It” oleh The weeknd dari Fifty Shades of Grey; dan J. Ralph / Antony Hegarty “Manta Ray” untuk Racing film Extinction.

Selain Sam Smith yang mewakili LGBT dalam perebutan piala The Academy Award tercatat pula Jodie Foster dalam film  The Accused tahun 1988 dan di  1991 untuk film  Silence of the Lambs. Dustin Lance Black untuk karyanya sebagai penulis skenario film Milk pada tahun 2009 yang  bercerita tentang ikon gay, Harvey Milk. (Radi Arya Wangsareja)

 

Sumber

Entertainment Weekly