Search
Close this search box.
Prithika Yashini (Sumber : Pink News)
Prithika Yashini
(Sumber : Pink News)

Suarakita.org – Salah satu negara bagian India, Tamil Nandu, untuk pertama kalinya menunjuk seorang transgender perempuan untuk menjadi anggota pasukan kepolisian.

Trangender perempuan tersebut adalah Prithika Yashini. Dia bersama 21 inspektur lainnya menerima perintah dari komisioner kepolisian, Sumit Charan, untuk bergabung dalam kepolisian lokal.

Yashini menyatakan pada reporter, sejak dulu dia memang bermimpi menjadi polisi.  Setelah bergabung di kepolisian lokal, dia berencana akan bekerja keras untuk masuk dalam satuan kepolisian nasional. Dia juga berharap semoga dia bisa membuka kesempatan bagi transgender lainnya untuk bergabung di kepolisian.

“It is because of no support from family and the society’s attitude towards them that transgender people end up begging or becoming prostitutes,” (Ini karena tidak ada dukungan dari keluarga dan perlakuan masyarakat atas  mereka (transgender -red.) sehingga kelompok transgender  menjadi peminta-minta atau pekerja seks,”) Ungkapnya.

Awalnya, formulir pendaftaran Yashini  ditolak karena panitia perekrutan kepolisian, The Tamil Nadu Uniformed Services Recruitment Board tidak mengakui kelompok transgender.

Yashini terus berjuang hingga  pengadilan mengintruksikan kepada panitia perekrutan  untuk memproses aplikasi Yashini.

Namun, panitia perekrutan tetap menolak dengan berbagai alasan termasuk alasan bahwa dalam formulir pendaftaran ada ketidak-sesuaian nama Yashini dengan  nama yang ada di akta lahir.  Kemudian  pengadilan meninjau kembali kasus ini dan menginstruksikan panita perekrutan untuk  mengangkat Yashini sebagai anggota kepolisian lokal.

“Saya siap untuk berjuang  menghadapi  tiap masalah yang akan saya hadapi di kepolisian atau saat saya sedang menjalankan tugas”, ujar Yashinni.

 

Sumber : Pink News