Search
Close this search box.

Suarakita.org – Apakah sang betina selalu yang mengandung anaknya setelah berhubungan seks? Selalu kah sang jantan yang bertugas untuk berburu makanan untuk kelompoknya? Apakah hanya sang betina yang memiliki bulu yang indah? Dan apakah hanya sang jantan yang bisa mengaum kencang?

8 hewan berikut ini akan menunjukkan bahwa gender bukanlah hal yang hitam-putih, namun penuh warna dan beragam.

 

Kuda Laut

Kuda laut_2Tahukah kamu bahwa Kuda Laut adalah satu-satunya hewan saat ini dimana sang jantan lah yang hamil?

Setelah melakukan hubungan seksual, Kuda Laut jantan akan menyimpan sel telur dari sang betina dalam perutnya dan kemudian akan menjaganya sampai nanti calon bayi Kuda Laut tersebut akan lahir. Sang jantan bahkan mengalami kontraksi otot serupa seolah sedang melahirkan anak.

 

 

Burung Ruffs

305534_bdc76b3ef1c73cf211e8567051c6744e_largeAdalah hal yang terburu-buru ketika kita menyimpulkan gender Burung Ruffs hanya melalui penampilannya. Studi mengatakan bahwa ada 4 jenis kelamin pada burung ini. Betina, dan 3 jenis Jantan yaitu yang berbulu tebal dan berwarna, yang botak, dan yang mirip dengan betina.

Sehingga sangat sulit untuk menentukan jenis kelamin dari burung ini jika kita hanya melihatnya dari bulu yang ia miliki.

 

 

Hyna Berbintik

9Tidak saja Hyna betina lebih agresif dan “galak” ketimbang yang Jantan, namun juga ditemukannya ‘pseudopenis’ clitoris (seperti penis) pada betinanya. Sehingga sangat sulit membedakan mana Hyna jantan dan Hyna betina.

Sang betina juga melakukan ekskresi (Kencing –Red.), kawin, dan melahirkan melalui ‘pseudopenis’ clitoris itu. Hal seperti ini ditemukan pula pada Monyet dan Kukang.

 

 

 

Komodo

Komodo-Dragon-Indonesia-9Kadal terbesar yang berasal dari Indonesia ini termasuk kedalam hewan yang terancam punah. Namun, studi menemukan bahwa ada sedikit Komodo betina yang bereproduksi tanpa kehadiran sang jantan dan hal ini disambut baik karena diharapkan akan mempertahankan populasi Komodo yang terus menurun jumlahnya.

 

 

Hiu

Hiu-Putih-BesarSama Seperti Komodo, awal bulan Januari lalu peneliti menemukan bahwa ada Hiu betina yang “perawan” namun mampu bereproduksi untuk dua generasi. Hal ini memang dianggap wajar dalam beberapa spesies Hiu.

 

 

 

 

Singa

BuRDiKmIYAE1o2lAkhir tahun lalu, BBC menayangkan film dokumenter tentang Mmamoriri, seekor Singa betina yang memiliki surai tebal layaknya sang jantan. Bahkan Mmamoriri bisa mengaung seperti yang dilakukan oleh singa jantan pada umumnya.

Penampilannya itu diyakini sebagai pengaruh dari adaptasi yang panjang. Peneliti menemukan masih ada lima ekor Singa yang bersifat sama seperti Mmamoriri ini.

 

 

Katak Argus Reed

argus-reed-frogSpesies penuh warna yang berasal dari Afrika Barat ini memiliki kemampuan unik yakni mampu untuk mengubah jenis kelaminnya sesuka hati tergantung tujuannya.

 

 

 

 

 

 

Ikan Badut

ikan-badutDalam “dunia” Ikan Badut, sang betina lah yang menduduki puncak sistem patriarki mereka. Disaat sang betina mati, barulah sang jantan menggantikan posisinya.

Percaya atau tidak, semua Ikan Badut terlahir jantan. Dan ketika dua ekor Ikan Badut jantan tersebut melakukan hubungan seksual, barulah salah satu dari mereka menjadi betina.