Search
Close this search box.
Bruce 'Caitlyn' Jenner bukanlah tokoh publik pertama di dunia yang mengguncang jagat dengan keputusannya mengubah kelamin. (Dok. Vanity Fair)
Bruce ‘Caitlyn’ Jenner bukanlah tokoh publik pertama di dunia yang mengguncang jagat dengan keputusannya mengubah kelamin. (Dok. Vanity Fair)

Suarakita.org- Keputusan Bruce Jenner untuk sepenuhnya menjadi seorang perempuan mendapatkan sorotan dari publik dunia.

Setelah dirinya mengumumkan namanya versi perempuan, Catlyn Jenner, mantan peraih medali emas Olimpiade ini pun bersiap melanjutkan hidupnya sebagai transgender.

Bruce ‘Caitlyn’ Jenner bukanlah tokoh publik pertama yang mengguncang jagat dengan keputusannya berubah kelamin. Banyak juga yang mengalami masa-masa sepertinya dan kini namanya malah lebih harum.

Berikut beberapa tokoh publik yang memutuskan mengganti jenis kelaminnya demi mengikuti kata hati:

1. Dorce Gamalama

Artis senior Indonesia ini sempat mengguncang jagat hiburan Tanah Air ketika keputusannya berubah kelamin mendapatkan sorotan luas. Pengakuannya melalui TVRI kala itu justru menjadikan Dorce yang memiliki nama asli Dedi Yuliardi Ashadi ini semakin terkenal.

Awalnya Dedi yang kala itu masih menjadi laki-laki, kerapkali memilih dandanan wanita untuk menjadi pelengkap dalam setiap penampilannya di atas panggung dan mendapatkan julukan Dorce. Lambat laun, ia memilih untuk mengganti kelaminnya di Surabaya yang akhirnya berbuah kehebohan.

Konflik mengenai status kelamin Dorce sempat menjadi perbincangan panas di era 90-an, bahkan menyeret lembaga-lembaga agama, termasuk keputusan Dorce untuk berangkat haji sebagai seorang muslimah. Kehebohan juga melanda jagat hiburan ketika ia dikabarkan akan menikah dengan seorang pengusaha, namun hingga kini belum ada kejelasan mengenai kabar tersebut.

Setelah perlahan mulai mundur dari dunia hiburan, sosok yang juga kerap dipanggil Bunda ini memilih fokus pada ratusan anak asuh melalui panti asuhan yang ia miliki.

2. Laverne Cox

Penggemar serial pemenang Golden Globe, Orange is the New Black, pasti tidak asing dengan wajah Laverne Cox. Dialah yang memerankan Sophia Burset dan baru mengakui dirinya seorang transgender pada Juni 2015 lalu.

Kini, sosok transgender pertama peraih nominasi Emmy Awards atas perannya dalam Orange is the New Black untuk kategori Outstanding Guest Actress in a Comedy Series tersebut mendedikasikan dirinya sebagai salah satu aktivis LGBT di Amerika Serikat.

3. Chaz Bono

Ia adalah anak semata wayang dari Sonny Bono dan penyanyi Cher, yang terlahir dengan nama Chastity Sun Bono. Chastity tumbuh sebagai gadis yang cantik hingga akhirnya ia merasa bahwa dirinya adalah seorang lesbian.

Guna mengikuti kata hatinya, Chastity akhirnya memutuskan untuk merubah diri menjadi laki-laki dan mengganti namanya dengan Chaz Bono antara tahun 2008 dan 2010.

Pengalamannya tersebut dibuat dalam sebuah film dokumenter, Becoming Chaz, yang ditayangkan perdana di Sundance Film Festival dan jaringan televisi milik Oprah Winfrey.

Kini, Bono yang juga memiliki beberapa lagu semasa kecilnya tersebut lebih memilih menjadi pengacara khusus bagi kaum LGBT. Selain menjadi pembela hukum LGBT, Bono juga menulis beberapa buku yang berdasarkan kisah hidupnya sendiri.

Sumber: CNN Indonesia