Search
Close this search box.
Sam yang juga seorang gay baru saja berpisah dengan kekasihnya sebelum ia memborong empat Grammy pada Februari lalu. (REUTERS/Toby Melville)
Sam yang juga seorang gay baru saja berpisah dengan kekasihnya sebelum ia memborong empat Grammy pada Februari lalu. (REUTERS/Toby Melville)

Suarakita.org- Sahnya pernikahan sejenis di Irlandia rupanya disambut positif olah para artis dunia. Nama-nama seperti Sam Smith hingga Ronan Keating menyambut keputusan Irlandia untuk melegalkan pernikahan kaum lesbi, gay, biseksual dan transgender (LGBT).

Irlandia menjadi negara pertama yang melegalkan pernikahan sejenis melalui mekanisme referendum.

Hasil dari referendum yang dilakukan pada Jumat (22/5) dan diumumkan pada Sabtu (23/5) menunjukkan sekitar 62 persen rakyat Irlandia menghendaki adanya pernikahan sejenis di Negeri Pulau Zamrud tersebut.

Melalui akun sosial Twitter, para selebriti papan atas juga mengucapkan dukungan atas keabsahan pernikahan yang masih ditentang di banyak negara lain itu.

“Sangat bahagia Irlandia telah melegalkan untuk pernikahan sejenis di sana. Ini masih mengejutkan bagi saya, ini benar-benar terjadi!” tulis Sam Smith melalui akun twitternya.

Pelantun Stay With Me tersebut juga menyerukan kepada dunia untuk terus memperjuangkan hak menikah untuk kaum gay.

Sam yang juga seorang gay baru saja berpisah dengan kekasihnya sebelum ia memborong empat Grammy pada Februari lalu.

sam smit

miley

Selain dari kalangan penyanyi, sang empunya Harry Potter, JK Rowling pun mengucapkan dukungannya atas pemberlakuan pernikahan sejenis di Irlandia.

Termasuk juga Ronan Keating yang baru saja konser di Jakarta Jumat (22/5).

“Duduk di sini melihat warga Irlandia membuat sejarah. Luar biasa dan indah,” tulis JK Rowling.

jkperi
Dukungan terhadap pernikahan sejenis di Irlandia datang dari berbagai kalangan masyarakat di Irlandia.

Meski disambut suka cita, pihak Gereja Katolik yang termasuk golongan menolak adanya pernikahan sejenis karena dosa, menganggap hasil referendum tersebut sebagai sebuah tantangan baru Gereja.

Beberapa negara Eropa Barat yang telah menyetujui adanya pernikahan sejenis adalah Inggris, Perancis, dan Spanyol.

Sedangkan di luar Eropa, negara seperti Brasil, Kanda, dan beberapa negara bagian Amerika Serikat juga ikut mengesahkan pernikahan sejenis.

Sumber: CNN Indonesia