Search
Close this search box.
Frank Lampard. Foto, ethiopianopinion.com
Frank Lampard. Foto, ethiopianopinion.com

Suarakita.org-  Olahraga sepakbola selama ini kerap diidentikan dengan permainan bagi kelompok heteroseksual. Namun, bagaimana bila di antara mereka ada yang homoseksual?

Frank Lampard angkat bicara mengenai topik itu. Dalam sebuah acara perbincangan “Chatty Man”, host Alan Carr menanyai mantan gelandang internasional Inggris itu apakah publik Inggris senang mengetahui pesepak bola itu gay atau tidak.

Frank Lampard mengungkapkan label sebagai olahragawan kerap membuat pesepak bola merasa dianggap bersalah bila muncul sebagai gay. Padahal, sama seperti hal lain di dunia yang makin terbuka, hal itu semestinya dianggap bukan masalah.

“Saya merasa pemikiran harus menutupi fakta bahwa seorang pesepak bola gay itu, merupakan sindrom usang. Saya harus sampaikan, sepak bola saat ini sudah banyak berubah,” ujarnya seperti dikutip di Independent.

“Sudah banyak kampanye yang dilakukan. Saya merasakan perubahannya di kamar ganti.”

“Saya akan senang sekali mengetahui bila seorang pesepakbola mengakui dia gay dan semua orang memperlakukannya dengan respek. Anda tahu, semua hal soal “kami macho karena kami bermain sepak bola”, hal itu sudah kuno,” imbuh Frank Lampard.

Di sisi lain, di Inggris, meski menganut pemikiran terbuka, pesepakbola gay masih terlihat sulit diterima publik. Kejadian tak menyenangkan terkait dengan pesepakbola gay pernah dialami oleh Robbie Rogers, mantan pemain Leeds United yang membuka dirinya sebagai seorang gay sesaat sebelum pensiun dari sepak bola Inggris pada 2013.

Kemudian ada pula Thomas Hitzlsperger, yang bermain untuk Arsenal, juga mengungkapkan bahwa ia gay sebelum gantung sepatu pada 2014.

Sumber: tribunnews.com