Search
Close this search box.
Mendiang Whitney Houston yang dibuatkan film biopiknya. ( Jason Merritt/ Gettyimages)
Mendiang Whitney Houston yang dibuatkan film biopiknya. ( Jason Merritt/ Gettyimages)

Suarakita.org- Biopik Whitney Houston siap dirilis pada Januari 2015 mendatang. Yang mengejutkan, film ini tak sekadar mengisahkan drama kehidupan sang diva, juga orang-orang terdekatnya. Salah satunya, Robyn Crawford, sahabat lama, asisten pribadi merangkap kekasih.

“Yang jelas, bukan semata hubungan bisnis.” Demikian dikatakan aktris Yolonda Ross yang memerankan Robyn Crawford, kepada laman TheWrap. Dalam film arahan aktris Angela Bassett, Houston digambarkan sebagai si lugu, termasuk untuk urusan percintaan.

Film ini memang tidak secara eksplisit menggambarkan adegan romansa sesama jenis—yang cukup mengejutkan—antara Houston dan Crawford. Namun ada adegan yang menggambarkan perseteruan Crawford dengan Bobby Brown, suami Houston.

“Tidak banyak foto Crawford yang beredar, mungkin hanya tiga atau empat foto yang bisa saya temukan,” kata Ross kepada The Wrap soal minimnya informasi tentang Crawford. “Pihak produser juga hanya memiliki klip singkat Crawford, dari situ saya mendapat ide untuk memerankannya.”

“Saya menemukan sumber-sumber yang menyebutkan pertemanan Houston-Crawford, berapa lama mereka saling kenal. Akting yang saya lakukan mengundang emosi—menggambarkan bagaimana dua sahabat ini saling mengisi satu sama lain dalam situasi tertentu.”

Meskipun minim materi riset, Ross berusaha melakoni akting sebagai sahabat Houston dengan sebaik-baiknya. Yang ia tampilkan adalah emosi seseorang yang jatuh hati pada seseorang yang mencintai orang lain.

“Crawford dan Houston tumbuh bersama sejak remaja, usia 16 tahun, lalu menjadi asisten pribadinya. Crawford sudah menjadi bagian hidup Houston jauh sebelum sang diva meraih ketenaran,” kata Ross. “Tak heran bila Houston sangat bergantung pada Crawford.”

Crawford meladeni kebutuhan Houston begitu rupa. Ia pun menjadi orang yang paling dipercaya sekaligus paling diperhatikan oleh Houston. “Hubungan keduanya bukan semata urusan bisnis,” kata Ross yang tak berani berspekulasi apakah Houston dan Crawford memang berpacaran.

“Saya tidak bisa mengkonfirmasikan bahwa keduanya berpacaran,” kata Ross yang pernah berperan dalam film Go for Sisters. “Namun saya bisa memainkan emosi—bagaimana rasanya menjalin kedekatan dengan seseorang.”

Selain sang sahabat dekat, film biopik ini juga menampilkan keluarga (ayah John Houston dan ibu Cissy Houston), sang mentor Clive Davis, juga produser Kenneth “Babyface” Edmonds dan L.A. Reid. Ada juga orang terdekat Brown: pacar pertama Kim Ward dan sahabat Steve.

Biopik ini berfokus pada kehidupan Houston, bukan Brown. Digambarkan, saat Houston kecanduan narkoba, badai dalam kehidupan Houston dan Brown. “Lebih berfokus pada masa sebelum Houston populer dan diperistiri Brown,” kata Ross. “Intinya, ini transformasi sang penyanyi gospel.”

Sumber: CNN Indonesia