Search
Close this search box.

TDOR DAYSuarakita.org- Hari Transgender Sedunia yang diperingati  setiap tanggal 20 November pada awalnya adalah  untuk mengenang wafatnya Rita Hester. Dia adalah seorang aktivis transgender dari San Francisco, Amerika Serikat yang dibunuh orang tak dikenal pada 28 November 1998. Kematian Rita bukanlah kasus pembunuhan pertama terhadap transgender yang dilakukan kelompok non-transeksual.

Definisi kekerasan  menurut Deklarasi PBB adalah setiap tindakan berdasarkan perbedaan jenis kelamin yang berakibat atau mungkin berakibat kesengsaraan atau penderitaan  secara fisik, seksual atau psikologis, termasuk ancaman tindakan-tindakan semacam itu, pemaksaan atau perampasan kemerdekaan secara sewenang-wenang, baik yang terjadi di depan umum atau dalam kehidupan pribadi. Sampai dengan sekarang kaum waria masih merasakankan tindakan-tidakan yang diskriminatif.

Dengan mengambil momentum Hari Transgender, diharapkan agar pemerintah dan publik dapat menerima keberadaan transgender sebagai warga negara yang memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan masyarakat pada umumnya, sehingga kekerasan yang dialami kelompok transgender termasuk tindakan diskriminatif yang dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat tidak akan terjadi lagi.

Sebagai organisasi yang berjuang untuk hak-hak LGBT di Indonesia, Perkumpulan Suara Kita mengajak semua pihak, baik organisasi  maupun individu, untuk mengadakan kegiatan dalam rangka Hari  Transgender Sedunia. Kegiatan yang direncanakan adalah  Nonton Bersama, Bedah Buku, Diskusi Publik, Pameran Foto, Peluncuran Buku, dan Audiensi ke pejabat publik.

  1. TUJUAN

Tujuan kegiatan ini adalah :

  1. Membangun kesadaran publik tentang hak-hak transgender sebagai warga negara
  2. Membangun jaringan lintas isu (lsm, akademisi, mahasiswa, pemerintah dan masyarakat) untuk mendukung perjuangan hak-hak waria sebagai warga negara.
  3. Menguatkan dan mendorong kelompok transgender untuk berperan aktif dalam kegiatan publik.

 

  1. PROSES KEGIATAN

Adapun proses kegiatan peringatan Hari Transgender 2014, Suara Kita menawarkan kegiatan bersama dengan proses seperti ini :

  1. Perpustakaan Suara Kita memiliki koleksi film, buku dan materi diskusi yang berkaitan dengan transgender yang dapat menjadi salah satu alternative untuk kegiatan peringatan Hari Transgender 2014. Jika berkenan dapat menghubungi Suara Kita dan kami akan mengirimkan materinya. Biaya buku, USB (Film) dan biaya kirim akan ditanggung oleh Suara Kita, untuk pembiayaan kegiatan ditanggung oleh masing-masing lembaga.
  2. Kawan-kawan komunitas/lembaga dapat merencanakan kegiatan selain kegiatan yang direncanakan oleh Suara Kita
  3. Rencana kegiatan yang akan dilakukan oleh kawan-kawan dapat dirimkan melalui email Suara Kita; lqbtiq@gmail.com paling lambat 15 November 2014, yang mencakup informasi tentang bentuk kegiatan, waktu dan tempat kegiatan.
  4. Masing-masing komunitas/lembaga selain mengirimkan jadwal juga dapat mengirimkan nama dan logo komunitas/lembaga, alamat, dan keterangan singkat komunitas/lembaga ke email tersebut diatas.
  5. Kawan-kawan diwajibkan membuat Liputan/ringkasan/laporan singkat(5W+1H) disertai foto atau video, dikirimkan ke email Suara Kita atau dapat juga di upload dimedia teman-teman sendiri (website, facebook dan blog komunitas).
  6. Suara Kita akan membantu mengumpulkan semua laporan kegiatan yang akan dibuatkan Laporan Kompilasi yang  akan dibuat dalam bahasa Indonesia dan Inggris.
  7. Semua kegiatan ini akan menjadi kegiatan bersama, tidak ada satu lembaga pun yang memposisi lebih istimewa dari lainnya, termasuk semua identitas lembaga akan dilampirkan dalam lampiran buku jadwal kegiatan maupun proseding akan menjadi milik bersama.

 

  1. WAKTU DAN PELAKSAAN KEGIATAN HARI TRANSGENDER

Dari tanggal 18- 23 November 2014

Untuk surat menyurat silakan menghubungi suara kita, ourvoice.lqbtiq@gmail.com  atau menghubungi Yudi, bambangprayudi76@gmail.com atau Supriatna , yatna.ksp@gmail.com.

Demikian informasi ini kami sampaikan, atas keingian dan keterlibatnnya kami ucapkan terima kasih.

 

Buku panduan peringatan hari transgender 2014 klik : [gview file=”http://suarakita.org/wp-content/uploads/2014/11/transgender2014.pdf”]