Search
Close this search box.
De Sanctis nilai sepakbola sudah "homofobia"
De Sanctis nilai sepakbola sudah “homofobia”

Suarakita.org– Kiper veteran Tim Serigala ini menilai pesepakbola penyuka sesama jenis mendapat perlakukan tidak adil.

Penjaga gawang AS Roma Morgan De Sanctis mengaku prihatin dengan kondisi homofobia yang terjadi di dunia sepakbola di mana membuat para pemain homoseksual sangat kesulitan mendapat tempat.

Salah satu pesepakbola gay yang sempat berkiprah di kasta tertinggi adalah eks gelandang timnas Jerman Thomas Hitzlsperger, namun kini ia sudah pensiun sejak Januari lalu. Kini, full-back LA Galaxy Robbie Rogers tercatat menjadi salah satu pemain berprofil tinggi yang mengaku gay.

Namun, De Sanctis yakin masih ada banyak pemain homoseksual di seluruh dunia yang masih enggan mengungkapkan jati dirinya karena takut menghadapi reaksi dari rekan setim dan fans.

“Saya mengakui bahwa homoseksual itu ada di dunia sepakbola. Dari 400-500 kolega kami [di Serie A], saya yakin ada dua atau tiga persen yang homoseksual,” ujar De Sanctis kepada La Gazzetta dello Sport.

“Tapi tak seorang pun memiliki keberanian untuk mengungkapkannya karena kita berada dalam lingkungan yang homofobia,” ujar kiper berusia 37 tahun ini yang saat ini sedang dalam proses penyembuhan cedera otot.

Sumber: goal.com