Search
Close this search box.
The New York State Assembly (Sumber: advocate.com)
The New York State Assembly
(Sumber: advocate.com)

Suarakita.org- Gay conversion therapy atau disebut juga reparative therapy adalah usaha untuk mengubah orientasi seksual seseorang dari homoseksual  menjadi heteroseksual. Senin 16 Juni 2014, The New York State Assembly (Dewan Legislatif New York –red) mengesahkan larangan gay conversion therapy. Pelarangan ini nantinya akan melarang  tenaga medis professional dari usaha mengubah orientasi seksual pada anak di bawah 18 tahun.

Seperti yang dilansir Buzzfeed, para anggota dewan legislatif New York melakukan voting untuk mengesahkan pelarangan ini. Hasilnya 82 suara mendukung pelarangan ini.

Peraturan baru ini akan menambahkan klausul pada hukum kesalahan prosedur tenaga profesional. Proses selanjutnya adalah menunggu disetujui oleh Senat Negara Bagian. Biasanya proses ini memakan waktu satu minggu. Dan sesi legislatif berakhir pada Kamis.

Voting peraturan ini disambut baik oleh Senator Brad Holyman, gay politisi dan pendukung peraturan ini.

“Menjadi LGBT muda bukanlah suatu penyakit yang perlu disembuhkan,” ungkap Ben. “Pelarangan conversion therapy  adalah masalah semua pihak yang harusnya mendapat perhatian penuh dari kolega saya di Senat”.

Selain New York, California dan New Jersey juga punya hukum yang melarang gay conversion therapy. (Gusti Bayu)

 

Sumber: The Advocate