Search
Close this search box.

1393444232000-AP-Gay-Marriage-Texas-001Suarakita.org- Orlando Garcia, hakim dari Pengadilan Negeri Texas, memutuskan bahwa larangan pernikahan sesama jenis di Texas inkonstitusional, setelah mendengarkan tuntutan Cleopatra De Leon dan Nicole Dimetman, pasangan sesama jenis di Texas. Namun, dia pun mengizinkan pemerintah Texas untuk mengajukan banding atas putusan ini. Bahkan, para pengamat memprediksi bahwa kasus ini akan sampai ke Mahkamah Agung AS.

Pengacara untuk pemerintah Texas, Greg Abott akan mengajukan banding untuk putusan ini. “Kita semua harus ingat bahwa Mahkamah Agung AS telah mengizinkan kita untuk mengatur pernikahan yang ada di Texas tanpa campur tangan siapapun,” ujarnya.

Texas menjadi salahsatu negara bagian yang paling konservatif di AS, dan telah menetapkan pelarangan pernikahan sesama jenis sejak tahun 1997 dalam statuta negara bagiannya, sebelum dimasukkan ke dalam konstitusi negara bagian Texas pada tahun 2005.

Pernikahan sesama jenis ini sendiri sebenarnya telah dilegalkan di 17 negara bagian AS, termasuk Washington DC. Namun ada juga 29 negara bagian di AS yang melarang pernikahan sesama jenis ini, dan 8 diantaranya sekarang sedang menghadapi persidangan akibat tuntutan dari rakyatnya sendiri, termasuk Texas.

Rabu lalu, salahsatu gay di Texas mengungkapkan pendapatnya. “Kami sudah bersama selama 17 tahun, dan kami menunggu suatu hari dimana kami bisa menikah disini (Texas). Bukan hanya kami saja, tapi pasangan sesama jenis di Texas pun menginginkan hal tersebut”.

Pernyataan ini disusul dengan tuntutan gay yang sudah menikah di Massachusetts, Cleopatra De Leon dan Nicole Demetman agar larangan pernikahan sesama jenis di Texas dihilangkan dan mereka juga menuntut agar mereka diakui secara sah sebagai pasangan suami-istri di Texas.

Sumber : pikiran-rakyat.com