Search
Close this search box.

Kanada – Seorang wanita transgender yang menjadi salah satu finalis untuk ajang Miss Universe perwakilan negara Kanada telah didiskualifikasi dari kompetisi lantaran diketahui bahwa dia terlahir sebagai laki-laki.

Denis Davila, Direktur Nasional Miss Universe Kanada, mengatakan kepada kantor berita The Toronto Star, bahwa  aturan di negara itu menyebutkan bahwa setiap kontestan harus sepenuhnya “perempuan secara lahiriah.” Dia menduga bahwa Jenna Talackova, Transgender asal kota Vancouver , tidak terlahir sebagai perempuan, tambah dia menenegaskan.

“Dia merasa seperti gadis pada umumnya dan ia memang terlihat seperti gadis-gadis yang lainnya. Dia tidak berharap ada orang yang mempertanyakan hal itu, “ucap Davila. “Dia berharap kami(baca:panitia kontes kecantikan) bisa menempatkan dia kembali dalam ajang kompetisi ini, tetapi aturan sudah sangat jelas dan tidak ada cara lain bagi kami untuk menciptakan aturan baru.”

Sampai berita ini diturunkan, banyak yang menyayangkan tindakan panitia miss universe. Mengingat Negera Kanada sendiri adalah termasuk salah satu negara yang bisa “menerima” keberadaan LGBT. Dan kasus ini sangat bertentangan dengan apa yang menjadi kebijakan pemerintah. Tetapi kembali lagi kepada kebijakan dan sistem atas peraturan baku yang sudah dijalankan selama penyelenggaraan kontes-kontes sebelumnya. Akankah masih tetap diterapkan, ataukah harus diganti dengan aturan-aturan yang lebih bersifat “friendly.” Bahkan ada selentingan dari kalangan warga Kanada sendiri yang menyebutkan, bahwa kecantikan gadis-gadis Kanada mulai tergeser oleh kehadiran sosok-sosok transgender, sehingga timbul kepanikan masal di kalangan wanita “murni” Kanada.

dilansir dari :advocate.com

gambar: noticias.uol.com.br/ & 123people.ca/s/jenna+talackovaA transgender woman who was a finalist for Miss Universe Canada has been disqualified from the competition because she was born male.

Denis Davila, the national director of Miss Universe Canada, told the Toronto Star that the rules state that each contestant must be a “naturally born female.” He suspected that Jenna Talackova, a Vancouver native, was not born female, which she later confirmed.

“She feels like a real girl and she is a real girl. She didn’t expect people to question it,” Davila said. “She was hoping we could put her back in the competition, but the rules are very clear and there’s no way we can go back on it.”

Source :advocate.com

photo: noticias.uol.com.br/ & 123people.ca/s/jenna+talackova