Search
Close this search box.

Jakarta-Ourvoice– Sebuah maskapai penerbangan baru Thailand, PC Air mempekerjakan empat Waria sebagai pramugari. Tujuannya memberikan perbedaan dari pesaing sesama maskapai penerbangan. Maskapai ini akan melayani rute terbang ke Korea Selatan, Hong Kong, Singapura dan China dan beroperasi sejak April 2011. Dari proses seleksi,ada 100 pelamar Waria dan transeksual yang berminat menjadi pramugari di Maskapai tersebut.

Menurut Presiden PC Air Peter Chan,kualifikasi untuk pramugari Waria sama seperti untuk pramugari perempuan, dengan ketentuan tambahan Waria harus menjadi seperti perempuan dalam cara mereka berjalan dan berbicara, memiliki suara feminin dan sikap yang “benar”.

Menurut Ourvoice,sebuah lembaga yang memperjuangkan hak-hak kelompok homoseksual, walau proses seleksi masih sangat bias bagi Waria yang dituntut untuk tetap feminin. Upaya ini sebagai langkah awal pemenuhan hak kerja yang sama bagi Waria di Thailand. Thailand menjadi salah satu negara yang selama ini toleransi terhadap hak-hak homoseksual dikawasan Asia Tenggara. Kalau Thailand berani melakukan upaya kesetaraan bagi kelompok Waria, bagaimana dengan hak kerja Waria di Indonesia?

sumber : www.dakdem.com
Foto:  bloggeranyar.blogspot.com