Search
Close this search box.

 

Hal Faulkner (duduk) Menerima Surat Pemberhentian Terkoreksi Dengan Catatan Honorable (Sumber: npr.org)
Hal Faulkner (duduk) Menerima Surat Pemberhentian Terkoreksi Dengan Catatan Honorable
(Sumber: npr.org)

Suarakita.org- Veteran militer berusia 79 tahun, Hal Faulkner,  telah diubah catatan karirnya dari undesireable (tidak diinginkan) menjadi honorable (terhormat) setelah 58 tahun terusir dari kesatuan marinir hanya karena homoseksualitasnya.

Faulkner yang  saat ini menderita kangker, diberhentikan secara tidak hormat setelah tiga tahun berkarir di kemiliteran Amerika Serikat pada tahun 1953, ketika dia  bertugas di Filipina dan pangkatnya sedang  naik ke tingkat sergeant.

Faulkner didiagnosis menderita kangker beberapa tahun lalu dan meminta kerabatnya untuk memenuhi permintaan terakhir Faulkner yakni agar catatan pengabdian militernya  ‘dibersihkan’.

Mantan personel militer yang dikeluarkan dari kemiliteran karena seksualitas mereka sudah bisa mendapat catatan’bersih’ setelah kebijakan Don’t Ask Don’t Tell dihapuskan pada anggota militer gay yang telah come out. Namun proses tersebut biasanya membutuhkan waktu lebih lama dari enam bulan meskipun menggunakan jasa pengacara.

Dokter yang menangani Faulkner tidak begitu yakin bahwa Faulkner bisa bertahan  selama itu, sehingga  komunitas anggota militer LGBTI, OurServe-SLDN,   menolong Faulkner dengan menyediakan  pengacara pro-bono dari  New York dan meminta  kemiliteran untuk mempercepat prosesnya.

US Marine Corps  mengubah catatan Faulkner hanya dalam dua minggu dan Jum’at kemarin  dua anggota  berseragam marinir memberikan surat pemberhentian yang telah dikoreksi dengan catatan honorable kepada  Faulkner.

“Saya  tidak berpikir bahwa mungkin saya  bisa bertahan di setiap pertempuran yang kita miliki, namun seorang marinir tetaplah marinir” ungkap Faulkner.

“Saya tidak punya  waktu banyak untuk hidup. Saya akan selalu menjadi  seorang marinir. Terima kasih”

Faulkner hanya menyatakan homoseksualitasnya pada keluarga terdekat saja di tahun 2005 meskipun  relasi cintanya telah berusia 20 tahun.  (Gusti Bayu)

 

Sumber: Gay Star News