Search
Close this search box.
smh.com.au
smh.com.au

Suarakita.org- Penasehat Keamanan Nasional India Shivshankar Menon mengatakan, perlakuan AS terhadap diplomat India di New York itu sangat barbar. Menurut Shivsankar, AS seharusnya tak memberlakukan hukuman AS terhadap diplomat India di AS. Pasalnya, pihaknya juga bisa membalas itu dengan memberlakukan hukum India terhadap diplomat gay AS yang hendak membawa pasangannya.

“Dalam hukum India, pernikahan sejenis melanggar hukum sehingga kami bisa melarang diplomat gay AS membawa pasangannya ke negeri ini,” ujarnya

Hubungan bilateral India dan Amerika Serikat (AS) menegang. Seperti dilaporkan Kantor Berita Reuters dan laman Time, Rabu (18/12/2013), pemicunya adalah tindakan polisi AS yang dinilai telah memperlakukan seorang diplomat wanita India di New York dengan “keji dan biadab”.

Dalam hal ini, Devyani Khobragade, wakil konsul jenderal India di New York ditangkap aparat AS pada 12 Desember 2013 lalu setelah perempuan tersebut terbukti melakukan pemalsuan visa dan data untuk pembantu rumah tangganya yang didatangkan dari India untuk bekerja di rumah sang diplomat.

Sumber : pikiran-rakyat.com