Search
Close this search box.

 

Kebahagiaan Pasangan Ini Pun Batal (Sumber: abc.net.au)
Kebahagiaan Pasangan Ini Pun Batal
(Sumber: abc.net.au)

Suarakita.org- Pengadilan tinggi Australia telah membatalkan undang-undang yang memungkinkan pernikahan gay di Wilayah Ibukota Australia (Australian Capital Territory – ACT).

Parlemen ACT sebelumnya telah meloloskan rancangan undang-undang ini pada Oktober lalu, yang membuat wilayah ini menjadi bagian pertama Australia yang melegalkan pernikahan sesama jenis.

Namun pemerintah pusat menentang keputusan tersebut, dan mengatakan UU itu tidak konsisten dengan undang-undang federal.

Undang-undang Federal yang ditetapkan pada tahun 2004 telah menetapkan bahwa pernikahan adalah antara seorang pria dan seorang wanita.

Pengadilan Tinggi di Canberra memutus dengan suara bulat terkait keabsahan undang-undang ACT ini pada Kamis (12/12), dengan mengatakan bahwa RUU ini tidak dapat berlaku secara sejalan dengan UU di tingkat nasional.

“Apakah pernikahan sesama jenis harus didukung oleh hukum adalah masalah bagi parlemen federal,” kata pengadilan dalam sebuah pernyataan.

Jaksa Agung George Brandis sebelumnya telah memperingatkan bahwa undang-undang setempat akan menghadapi tantangan hukum karena bertentangan dengan UU Perkawinan Negara.

Perdana Menteri Tony Abbott, yang memimpin koalisi Liberal-Nasional, menentang pernikahan sesama jenis.

Tahun lalu, RUU yang memungkinkan pernikahan sesama jenis ini juga ditolak di kedua majelis parlemen nasional Australia.

Sebagai akibatnya, sebanyak 27 pasangan yang menikah berdasarkan hukum yang mulai berlaku akhir pekan lalu sekarang dinyatakan tidak sah. (Gusti Bayu)

Sumber:  metrotvnews.com