Search
Close this search box.

 

Shanghai Pride (Sumber:  gaystarnews.com)
Shanghai Pride
(Sumber: gaystarnews.com)

Suarakita.org- Saat ini, Dua juta gay di China  menggunakan aplikasi kencan Blued,  setelah satu tahun diluncurkan, pencipta aplikasi Blued berencana  mengembangkan aplikasi serupa untuk perempuan lesbian di China.

Aplikasi kencan  on-line berbahasa china untuk komunitas lelaki gay, Blued, telah mengumpulkan dua juta pengguna di tahun pertamannya sejak diluncurkan. Sekarang  penemu aplikasi Blued  berencana meluncurkan Pinkd untuk menangkap pasar kencan on-line via smartphone untuk perempuan lesbian China.

Blued diluncurkan pada Agustus 2012 untuk  perangkat  Apple dan Android. Blued tidak hanya  bisa untuk chatting ke sesama pengguna namun juga bisa bertukar foto dan membaginya ke sosial media berbahasa China  semisal Weibo (dikenal juga sebagai Facebook-nya China) dan Tencent QQ (sebuah aplikasi pesan cepat).

Pencipta aplikasi ini, Dan Lan,  belum berusaha meng-uangkan  dua juta pengguna aplikasinya  namun telah mengelola dana investasi tiga juta dollar awal tahun ini.

Blued mendapat keuntungan dengan menangkap pasar aplikasi kencan  gay di China daratan karena otoritas China memblok beberapa  aplikasi kencan on-line berbahasa Inggris  yang dulunya digunakan oleh gay China untuk saling kenal.

Diperhitungkan bahwa ada 25 juta lelaki gay di China namun, seperti halnya di Indonesia, gay China tersebut memilih menutup diri dan menikah agar orang tua mereka bahagia. (Gusti Bayu)

 

Sumber : Gay Star News