Search
Close this search box.

 

Vernita Gray (kiri) dan Pat Ewert (kanan) (Sumber: foxnews.com)
Vernita Gray (kiri) dan Pat Ewert (kanan)
(Sumber: foxnews.com)

Suarakita.org- Hakim membolehkan Vernita Gray yang sedang sekarat untuk menikah dengan Patricia Ewert enam bulan lebih awal sebelum regulasi kesetaraan pernikahan dijalankan.

Pernikahan sejenis belum menjadi legal di Illinois, Amerika Serikat (AS), sampai Juni 2014. Namun Venita Gray dan Patricia Ewert mempercepatnya dengan menikah di negara bagian AS itu pada Rabu 27 November 2013 lalu.

Hakim Federal membolehkan mereka untuk mendapatkan hak menikah secara legal karena Gray yang berusia 64 tahun  menderita sakit kangker stadium lanjut.

Pasangan ini membuat segalanya resmi selama perayaan hari berbahagia mereka di  kediamannya di Chicago.

“Aku sangat bersemangat untuk  kami sendiri dan komunitas, hari ini adalah awal.  Sebuah kebahagiaan yang layak  didapatkan,” kata Gray.

Pernikahan ini bisa terjadi awalnya berkat bantuan Lambda Legal dan American Civil Liberties Union (ACLU) Illinois yang  berargumen  bahwa kangker yang diderita Gray, pertama kali didiagnosa pada tahun 1996, dalam waktu dekat mengancam hidupnya.

Gubernur Illinois, Pat Quinn, menandatangani undang-undang pernikahan  menjadi sebuah produk hukum lebih awal bulan ini. Namun untuk  mendapat keabsahan lebih, membutuhkan dukungan di tingkat legislatif, karena itu  hukum pernikahan yang baru ini belum mempunyai kekuatan hukum sampai dengan Juni 2014.

Lambda Legal menekankan bahwa Ewert dan Gray sebagai pasangan yang telah melewati pahit getir kehidupan bersama,  dengan pernikahan tidak hanya membolehkan mereka merayakan komitmen mereka kepada satu sama lain namun juga menyediakan perlindungan kepada Ewert.

“Setiap hari menjadi  sangat kritis bagi pasangan sejenis seperti  Vernita dan Pat,  yang mana mereka mungkin tidak bisa dan  tidak harus  menunggu sampai musim panas berikutnya untuk menikah,” ungkap Camilla Taylor, Pimpinan Marriage Project untuk Lambda Legal.

Dia pun menambahkan,”Kami berterima kasih atas aksi afirmatif dari Pengadilan  yang  membolehkan ini sesegera mungkin, dan kami  sangat senang untuk Vernita dan Pat, yang sekarang bisa mengatakan,’Kita telah menikah’”.

John Knight, Direktur LGBT Project di ACLU Illinois, menyebut hari pernikahan  Pat dan Vernita sebagai “Hari bersejarah di Illinois”.

“Cinta mereka beserta komitmennya  untuk satu sama lain telah diperlihatkan bertahun tahun, dan kami senang mereka tidak perlu menunggu” komentar Knight. (Gusti Bayu)

Sumber: Gay Star News