Search
Close this search box.

Launching Gender Watch, Pemantauan Penanggulangan kemiskinan berbasis Komunitas dan Gender

Suarakita.org- Pada hari Rabu, 13 November 2013, Institute Kapal Perempuan mengadakan launching Gender Watch di Gedung Sasara Krida Kelurahan Bidara Cina. Gender Watch adalah monitoring dan evaluasi yang berbasis komunitas dan berperpektif keadilan jender. Gender Watch bertujuan untuk mendorong perempuan penerima manfaat untuk program penanggulangan kemiskinan cluster 1 (jamkesmas, raskin, jampersal, bkk, blt dan blsm) agar masyarakat bisa menilai apakah program tersebut sudah sampai untuk tidak.
Kegiatan yang bertujuan untuk menyadarkan penerima manfaat untuk menerima haknya ini dihadiri oleh 52 RT, 16 W, 5 LMK serta Lurah dan Walikota Jakarta Timur. Tidak hanya ditujukan untuk masyarakat, manfaat dari kegiatan ini juga ditujukan bagi pemerintah agar bisa mengevaluasi program penanggulangan kemiskinan.
Kegiatan ini akan berlangsung 7 tahun, di wilayah Jakarta, NTT, NTB, Jawa Timur, padang, dan Sulawesi Selatan ini bekerjasama dengan TNP2K yang telah mengadopsi model monitoring evaluasi program berbasis Jender. Diharapkan system ini bisa diadopsi pemerintah daerah agar bisa membangun model  program monitoring evaluasi agar lebih baik lagi. (Rikky)