Search
Close this search box.
Ilustrasi : reason.com
Ilustrasi : reason.com

Suarakita.org- Beberapa kamus bahasa di negara Inggris dan sekitarnya telah mengubah arti kata “pernikahan” (marriage) sehingga definisi pasangan sesama jenis dapat masuk ke dalamnya. Perubahan arti kata ini dibuat pasca-pengesahan undang-undang yang memperbolehkan pasangan sesama jenis atau gay untuk menikah di Inggris dan Wales.

Dalam Macmillan Dictionary, marriage kini didefinisikan sebagai “hubungan antara dua orang yang merupakan suami dan istri, atau hubungan serupa antara orang dengan jenis kelamin yang sama”.

“Setelah pernikahan sesama jenis dimasukkan dalam arti pernikahan, maka kamus ini secara sederhana meresponinya dengan cara mengubah arti kata yang digunakan,” kata Michael Rundell, pemimpin redaksi dari Macmillan Dictionary, dalam sebuah siaran pers.

Rundell juga menegaskan, pihaknya mungkin akan mengubah arti kata “husband” (suami) dan “wife” (istri).

Menurut GayStarNews, Selain Macmillan, Oxford English Dictionary dan Collins English Dictionary juga telah membuat perubahan pada definisi pernikahan di kamus mereka.

Pemberlakuan UU di Inggris dan Wales yang mengijinkan pernikahan sesama jenis dan serikat sipil, telah disahkan oleh parlemen dan Ratu Elizabeth II pada pertengahan Juli lalu. Mulai musim panas tahun 2014, pasangan-pasangan sesama jenis dapat melangsungkan pernikahan mereka.

Sumber : gaystarnews.com