Search
Close this search box.

Perkawinan serangga. (foto: Huffington Post)Suarakita.org- Hubungan seksual yang dilakukan oleh serangga memang unik seperti menari-nari di udara, saling menepuk perut, atau hubungan yang sangat cepat. Namun tahukah bahwa serangga juga berperilaku homoseksual.

Tim peneliti dari Tel Aviv University di Israel dan Swiss Federal Institute of Technology di Zurich mengungkapkan bahwa serangga juga ada yang melakukan hubungan homoseksual. Hasil ini berdasarkan penelitian yang dilakukan pada 100 perkawinan serangga.

Tim memfokuskan penelitian pada interaksi antar serangga pejantan yang ternyata melakukan hubungan seksual di saat keadaan darurat. Sebagaimana dilansir dari Huffington Post, Senin (19/8/2013), serangga pejantan cenderung akan melakukan perkawinan sesama jenis kelamin jika ia tak menemukan adanya serangga betina.

“Mereka kawin dalam waktu yang cepat. Mereka mengambil tiap kesempatan yang ada untuk kawin tak peduli itu pejantan atau betina. Sebab jika ia terlambat, ia sama sekali tak akan melakukan perkawinan,” jelas Inon Scharf selaku wakil tim peneliti.

Perilaku homoseksual ini terjadi disebabkan serangga yang tak mengenali pasangannya pejantan ataukah betina. Terkadang, peneliti melanjutkan, serangga pejantan memiliki bau seperti pejantan betina bekas perkawinannya terdahulu.

Beberapa serangga juga tak dapat mengenali pasangan karena bentuknya yang tak jauh berbeda antara pejantan dan betina. Bahkan pada kasus yang lebih ekstrim ada serangga yang melakukan hubungan seksual dengan benda mati.

“Kumbang jantan bisa saja tertarik pada lubang botol minuman soft drink. Baginya, lubang botol itu seperti betina besar. Mereka selalu mencoba mengawini apa saja yang membuatnya tertarik,” pungkas Scharf. (amr)

Sumber : okezone.com