Search
Close this search box.
Ilustrasi : cbc.ca
Ilustrasi : cbc.ca

Suarakita.org- Kini siswa transgender di sekolah pemerintah di California bisa memilih kamar mandi mana yang akan digunakan dan olahraga tertentu berdasar jenis kelamin untuk dimainkan. Aturan tersebut tertuang dalam undang-undang baru yang diloloskan pada Senin (12/8).

Undang-undang itu pun telah diteken oleh Gubernur Jerry Brown. Itu berarti siswa akan diperlakukan ketika mereka memilih tipe gender yang mereka inginkan, bukan pada data yang tertera dalam dokumen resmi.

Pendukung dari hukum baru tersebut menyatakan akan membantu mengurangi aksi bully. Sementara kubu penentang memperingatkan kebijakan baru itu hanya akan mengganggu proses pembelajaran.

Devon Marchant, seorang transgender di sekolah Folsom Lake Community College, menyambut baik peraturan itu. “Saya yakin aturan ini memberikan kesempatan yang luas kepada kami untuk ikut dalam aktivitas ekstrakulikuler atau olahraga tanpa takut mendapat diskriminasi atau perlakuan buru,” ujar Marchant.

Dengan demikian California menjadi negara bagian pertama di AS yang mengizinkan para transgender untuk memilih fasilitas publik berdasarkan keinginannya dan tidak hanya itu siswa transgender  juga berhak memilih dengan tim olah raga mana mereka bergabung, apakah dengan tim pria atau perempuan. Di sekolah-sekolah mereka juga bebas memilih kamar locker.

Sumber : ROL