Search
Close this search box.
Foto: Dailymail.Co.Uk
Foto: Dailymail.Co.Uk

Ourvoice.or.id- Para ahli di Inggris sedang gencar menyeruhkan pemberian vaksin HPV pada kalangan gay guna menekan tingkat kanker.

Seperti dilansir dari dailymail.co.uk, Rabu, (17/07) Program vaksinasi Inggris melawan infeksi HPV dimulai pada tahun 2008, tetapi hanya di kalangan perempuan, dengan alasan bahwa hal ini akan mencegah penyebaran infeksi kepada anak laki-laki juga.

Namun, dokter di Royal Liverpool University Hospital, Homerton University Hospital, dan Chelsea and Westminster Hospital, mengatakan pria gay lebih dari 15 kali lebih mungkin untuk mengembangkan kanker genital akibat terinfeksi HPV.

Sementara tingkat kanker dubur lebih tinggi di antara pria yang juga HIV positif, meskipun ART mereka juga lebih tinggi di antara pria gay yang belum terinfeksi HIV.

Peneliti dari Australia telah menunjukkan bahwa vaksinasi HPV pada wanita berdampak pada tingkat tumbuhnya kutil kelamin pada laki-laki heteroseksual, tapi itu tidak ada perubahan dalam prevalensi antara pria gay, menurut sebuah laporan oleh MedicalXpress.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa jab HPV efektif pada pria, termasuk pria gay. Vaksin ini memberi perlindungan HPV 16 dan 18, dua strain virus yang menyebabkan sebagian besar kanker yang berhubungan dengan infeksi.

HPV menyebabkan kutil kelamin dan berhubungan dengan risiko lebih tinggi kelamin serta kanker kepala dan leher

Vaksin ini paling efektif pada mereka yang belum terinfeksi dengan jenis HPV, tetapi bukti menunjukkan bahwa hanya sebagian kecil pemuda gay, dan bahwa strategi untuk memvaksinasi kelompok yang mencakup mereka yang telah terkena ini strain adalah biaya efektif.

Sumber : indonesiarayanews.com