Search
Close this search box.
Sarah Beth Alcabes mencium pasangannya Meghan Cleary di California setelah keputusan Mahkamah Agung. (Credit: Reuters)
Sarah Beth Alcabes mencium pasangannya Meghan Cleary di California setelah keputusan Mahkamah Agung. (Credit: Reuters)

Ourvoice.or.id- Para pendukung pernikahan gay di Amerika Serikat bergembira setelah Mahkamah Agung mencabut undang-undang yang melarang pemberian tunjangan pemerintah kepada pasangan sesama gay yang menikah, dan melapangkan jalan bagi pernikahan gay di California.

Dengan perbandingan suara 5 lawan 4, Mahkamah Agung pertama mencabut Defence of Marriage Act (DOMA), yang melarang pemberian tunjungan pemerintah federal kepada pasangan gay dan lesbian yang menikah. Undang-undang tersebut dengan tegas menetapkan pernikahan adalah antara seorang pria dan seorang wanita.

“DOMA tidak konstitusional karena merenggut kesetaraan kebebasan orang yang dilindungi oleh Fifth Amendment dari Konstitusi,” kata mayoritas opini yang ditulis oleh Hakim Anthony Kennedy.

Presiden Barack Obama menyambut gembira keputusan itu.

Anthony Romero dari American Civil Liberties union mengatakan, ketika keputusan itu diumumkan, orang bergembira dan merasa lega.

Menteri Pertahanan Chuck Hagel mengatakan, pasangan gay dalam militer ‘sesegera mungkin’ akan mendapat tunjangan yang sama dengan pasangan suami-isteri

Dan mantan presiden Bill Clinton, yang menandatangani DOMA menjadi undang-undang tapi belakangan menyerukannya agar dicabut, memuji keputusan itu.

Pernikahan sesama jenis di California
Mahkamah juga mengatakan, sebuah kasus mengenai Proposition 8 – sebuah prakarsa 2008 di California yang melarang pernikahan sesama jenis di negara bagian berpenduduk paling banyak itu – tidak ditangani dengan semestinya.

Keputusan 5-4 itu memungkinkan majelis hakim menghindari issue paling sulit apakah pernikahan sesama jenis merupakan hak konstitusional di seluruh Amerika Serikat.

12 negara bagian di Amerika Serikat dan District of Columbia kini mengakui pernikahan sesama jenis, tapi sekitar 30 negara bagian telah menetapkan, pernikahan hanya antara seorang pria dan seorang wanita.

“Sekarang kita akan menikah dan menjadi setara dengan keluarga-keluarga lain di California,’ kata Kris Perry, seorang penggugat dalam kasus Proposition 8, bersama pasangannya Sandy Stier, di tangga Mahkamah Agung.

Gubernur California, Jerry Brown, mengindikasikan bahwa pernikahan sesama jenis dapat dimulai lagi dalam beberapa minggu.

“Setelah perjuangan selama bertahun-tahun, Mahkamah Agung Amerika Serikat hari ini membuat pernikahan sesama jenis menjadi kenyataan di California,” katanya.

Sumber : radioaustralia.net.au