Search
Close this search box.

Ekuador. Carina Mafla Vance (33),seorang aktifis hak-hak Lesbian,Gay,Biseksual dan Transgender (LGBT)  yang berasal dari California menjadi lesbian pertama yang memangku jabatan sebagai seorang menteri kesehatan, yang ditunjuk langsung oleh Presiden Equador, Rafael Correa.

Menurut blog berita LGBT  Amerika Latin, Blabbeando, Presiden Equador telah mengumumkan ke publik pada Januari 2012 lalu, Carina Vance Mafla mengantikan  menteri kesehatan sebelumnya yang telah dikeluarkan karena telah gagal menjalankan tugas-tuganya selama menjadi menteri kesehatan.

Mafla lahir di California, setelah tamat SMA ia kemudian melanjutkan pendidikanya di sebuah perguruan tinggi  yang dilanjutkan dengan mengenyam pendidikan pascasarjana pada tahun 2004.

Dalam sebuah wawancara yang dilakukan oleh Blabbeando, Vance mengatakan bahwa ia akan menjalankan mandat President yang fokus pada layanan kesehatan masyarakat kurang mampu dalam mendaptakan pelayanan yang baik,  termasuk akan memperjuangkan distribusi obat HIV bagi para ODHA (orang dengan hiv aids), serta akan melakukan pencegahan diskriminasi  para ODHA LGBT dalam mengakses  layanan kesehatan yang selama ini kerap mendapatkan  diskriminasi.

Sumber foto : http://www.frontiersla.com