Search
Close this search box.

SuaraKita.org Fundraising atau penggalangan dana adalah hal yang sering dilakukan organisasi nirlaba seperti Perkumpulan Suara Kita. Penggalangan dana biasanya bisa dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya Garage Sale dan menjual barang-barang bekas layak pakai atau disebut Preloved.

Di Indonesia sendiri, terutama Jakarta, metode Garage Sale sudah sering dijumpai dan sering dilakukan oleh beberapa lembaga nirlaba seperti  yang dilakukan Pundi Perempuan atau juga Feminist Jakarta.

Garage Sale di Kinosaurus, penggalangan dana untuk Woman March 2018.

Barang-barang yang dijual biasanya barang sumbangan layak pakai yang sudah tak digunakan oleh pemiliknya. Barang-barang tersebut kemudian dijual dengan harga murah. Sehingga dalam satu kegiatan ada beberapa nilai yang diperoleh, yakni ramah lingkungan, kebersamaan dan juga gotong royong.

Garage Sale Pundi Perempuan, Give Back Sale, di Ke:Kini

Fundraising Suara Kita

Live sale SriLoved

Pandemi yang melanda dunia pada awal tahun 2020 juga menyulitkan banyak lembaga nirlaba, seperti Perkumpulan Suara Kita. Kegiatan berorganisasi banyak tersendat dikarenakan adanya lockdown yang dilakukan pemerintah. Meski begitu, keberlangsungan organisasi tetaplah menjadi prioritas.

Hingga akhirnya Suara Kita melakukan kegiatan garage sale dengan gaya baru saat itu, yakni menggunakan fitur live Facebook, bernama SriLoved (Srikendes Preloved). Hal itu dilakukan karena dunia sedang lock down sehingga banyak kegiatan yang dilakukan secara daring.

Tak Hanya soal Uang

Tak hanya berjualan untuk mencari keuntungan, melalui metode live itu juga banyak terjadi pertukaran nilai antara pembeli dan Suara Kita. Selain itu, pada perjalanannya banyak ditemukan individu-individu yang peduli pada isu keberagaman gender dan seksualitas yang selama ini mungkin tak pernah terhubung.

Bila kamu tertarik untuk menyumbangkan barang pada kami atau juga menjadi donatur, silakan hubungi kami melalui email miaolivia@psk.or.id. (Esa)