Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Alegra Wolter adalah seorang dokter Indonesia yang dikenal sebagai dokter transpuan pertama yang terbuka dengan identitas gendernya.
Alegra menempuh pendidikan kedokteran di Universitas Katolik Atma Jaya, Jakarta dan lulus pada tahun 2018. Saat ini ia berpraktik sebagai dokter umum di Jakarta dan bekerja di sebuah perusahaan startup kesehatan. Selain itu, Alegra juga termasuk dalam jajaran pengawas Perkumpulan Suara Kita.

Dalam sebuah wawancara Alegra mengatakan sebagai seorang transpuan di dunia medis, dia ingin berusaha memperjuangkan sistem kesehatan di Indonesia agar lebih inklusif. Dengan harapan kedepannya transgender bisa merasa lebih nyaman mengakses layanan kesehatan tanpa khawatir dihakimi. “Identitas gender saya telah membawa saya pada pemahaman yang lebih toleran terhadap perbedaan dan tanpa penghakiman tentunya,” kata Alegra. “Karena dalam kedokteran, yang paling penting adalah empati, bagaimana kita bisa memahami individu lain dan juga membantunya secara medis,” lanjutnya.

Alegra juga menyatakan bahwa perlu ada intervensi kebijakan untuk menciptakan layanan yang inklusif, yang dapat dimulai dengan menghapus stigma buruk terhadap transgender. Alegra mengakui bahwa sementara ini hanya dia satu-satunya transpuan terbuka di bidang medis di negara ini, pada akhirnya, suaranya saja tidak cukup. “Kita perlu memperkuat lebih banyak cinta dan lebih banyak dukungan satu sama lain, ” katanya, mengakui bahwa sektor medis Indonesia secara umum masih cukup konservatif. “Masalah untuk komunitas trans dan minoritas lainnya di Indonesia ini tidak akan selesai hanya dengan satu dokter transpuan yang berjuang. Kita butuh sistem yang lebih inklusif untuk memenuhi kebutuhan teman-teman transgender,” ujarnya. (R.A.W)