Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Spartacus menerbitkan Indeks Perjalanan Gay (Travel Index) sejak 2012. Setiap tahun, mereka mencermati 203 negara dan wilayah. Masih ada banyak tempat di dunia di mana LGBT dipaksa untuk takut akan kebahagiaan dan keselamatan mereka. 

Spartacus Gay Travel Index yang diperbarui setiap tahun memberi tahu para pelancong tentang situasi orang-orang LGBT di total 203 negara dan wilayah.

Indeks ini berupaya menemukan keseimbangan antara mengukur hak-hak komunitas LGBT lokal dan mempertimbangkan tuntutan wisatawan LGBT. Tujuannya adalah untuk memantau keselamatan orang-orang LGBT di setiap negara dan juga meningkatkan kesadaran akan keluhan. 

Spartacus Gay Travel Index tahun ini menobatkan Malta di tempat pertama, diikuti oleh runner-up Kanada dan Swiss yang mendapatkan poin yang sama. 

Malta, negara di kepulauan Mediterania ini meningkat sekali lagi dalam pengakuannya atas identitas gender dan merupakan tuan rumah EuroPride tahun ini.

Jerman meningkatkan peringkat keseluruhannya dengan satu poin berkat perbaikan hukum untuk orang-orang interseks dan sekarang menempati urutan kesembilan dalam indeks bersama dengan Islandia, Spanyol, dan Inggris.

Swiss pemenang besar

Swiss membuat lompatan terbesar tahun ini, dari tujuh menjadi dua belas poin dan menduduki tempat kedua, berkat undang-undang yang mengatur pernikahan sesama jenis dan hukum yang progresif. Proses liberalisasi global hak-hak LGBT telah mendapatkan daya tarik lagi. Apa yang disebut prosedur terapi konversi secara hukum dilarang di semakin banyak negara, termasuk Australia, Israel, dan Vietnam.

Indonesia, Arab Saudi, Iran, dan Afghanistan berada di urutan paling bawah dalam daftar

Satu pengecualian adalah Indonesia, yang kehilangan tiga poin, sebagian karena hukum pidana baru yang dipengaruhi oleh fundamentalisme, menyebabkan negara ini tergelincir dari posisi 117 ke 159. Negara-negara paling berbahaya bagi pelancong LGBT pada tahun 2023 adalah negara-negara seperti Arab Saudi, Iran, Somalia, dan sekarang Afghanistan, di mana kaum homoseksual dianiaya dan dibunuh secara besar-besaran. (R.A.W)

Spartacus Gay Travel Index 2023 dapat diunduh disini 

Sumber:

Spartacus