Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Perkumpulan Suara Kita bekerjasama dengan ADRA Indonesia, sebuah organisasi kemanusiaan global yang didukung oleh pemerintah Australia melalui Australian Humanitarian Partnership melaksanakan program bernama Pulih Bersama (PUBER) yakni program pelaksanaan vaksinasi Covid-19 secara lengkap yang diselenggarakan di beberapa daerah seperti Bogor, Ciamis, Majalengka, Malang, Nganjuk, Makassar dan Sinjai.

Sampai Program vaksinasi ini ditutup pada akhir tahun 2022 Tim PUBER SuaraKita telah berhasil melakukan vaksinasi kepada 2528 orang dari kelompok rentan, termasuk 1038 orang LGBTIQ.

Pengertian kelompok rentan disini adalah perempuan hamil, lansia, orang dengan komorbid (yang memiliki penyakit kronis sebelumnya) serta orang dengan minoritas seksual dan identitas gender.

Program PUBER ini dapat terselenggara dengan baik berkat kerja keras dari Petugas Lapangan (PL) yang gigih menelusuri pelosok wilayah kerja mereka untuk mencari target, bukan semata karena tugas tapi karena memahami bahwa hak untuk memperoleh akses layanan kesehatan adalah hak dasar sebagai warga negara Indonesia.

 

Program vaksinasi dimulai dengan melakukan koordinasi dengan Puskesmas atau Dinas Kesehatan untuk melakukan penyuluhan pentingnya vaksinasi Covid-19. Penyuluhan dilaksanakan agar masyarakat khususnya yang berasal dari kelompok rentan yang belum divaksinasi terpapar info terkait Covid-19 dan pada akhirnya sadar dan mau melakukan vaksinasi.

Bukan hanya pemberian vaksinasi yang dilakukan dalam program PUBER ini. Layanan psiko sosial berupa konseling dasar terkait covid-19 juga tersedia dan dapat dihubungi dengan mudah oleh kelompok rentan itu sendiri maupun masyarakat.

 

Dalam survei yang dilakukan sebelum dan sesudah pelaksanaan program vaksin terlihat meningkatnya pengetahuan masyarakat khususnya penerima vaksin tentang Covid-19. Mereka juga terlihat dapat memilah mana berita atau informasi Covid-19 yang layak dipercaya yang berasal dari berbagai sumber, seperti keluarga, tetangga/teman, tokoh agama, tokoh masyarakat maupun dari pemerintah melalui Dinas Kesehatan ataupun SATGAS Covid-19.

Perkumpulan Suara Kita mengucapkan terima kasih kepada  tim Petugas Lapangan Andi Akbar Halim (Makassar), Aurel (Sinjai), Donal dan Gaby (Bogor), Wiji Rahayu (Nganjuk) Dudi Sudianto (Majalengka), Anggur dan Yuyun (Ciamis), Samsul Suhardi dan Denok (Malang) yang sudah bekerja keras membantu terlaksananya program Pulih Bersama tahun 2022. Semoga apa yang kita lakukan dapat menjadi praktek baik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. (R.A.W)